Geger Kuburan Massal di Dua Rumah Sakit Gaza, PBB Serukan Investigasi

  • 25 April 2024 01:14:02
  • Views: 3

Jakarta, CNBC Indonesia - PBB menyerukan "penyelidikan yang jelas, transparan dan kredibel" terhadap kuburan massal yang ditemukan di dua rumah sakit besar di Gaza yang pernah digerebek oleh pasukan Israel.

Juru bicara PBB Stephane Dujarric mengatakan penyelidik yang kredibel harus memiliki akses ke situs-situs tersebut. Ia menambahkan bahwa lebih banyak jurnalis harus dapat bekerja dengan aman di Gaza untuk melaporkan fakta-fakta tersebut.

Sebelumnya, kepala hak asasi manusia PBB Volker Türk mengatakan "ngeri" dengan hancurnya pusat medis Shifa di Kota Gaza dan Rumah Sakit Nasser di kota selatan Khan Younis serta laporan penemuan kuburan massal di dalam dan sekitar fasilitas tersebut setelah pasukan Israel pergi.

-

-

Ia menyerukan dilakukannya penyelidikan yang independen dan transparan atas kematian tersebut. Ia mengatakan bahwa "mengingat iklim impunitas yang ada, hal ini harus melibatkan penyelidik internasional."

"Rumah sakit berhak mendapatkan perlindungan yang sangat khusus berdasarkan hukum humaniter internasional," kata Türk pada Selasa (23/4/2024), seperti dikutip Associated Press . "Dan pembunuhan yang disengaja terhadap warga sipil, tahanan, dan orang lain yang 'hors de Combat' (tidak mampu terlibat dalam pertempuran) adalah kejahatan perang."

Pertahanan sipil Palestina di Jalur Gaza mengatakan pada Senin (22/4/2024) bahwa mereka telah menemukan 283 jenazah dari kuburan sementara di dalam rumah sakit utama di Khan Younis yang dibangun ketika pasukan Israel mengepung fasilitas tersebut bulan lalu.

Pada saat itu, kata kelompok tersebut, masyarakat tidak dapat menguburkan jenazah di kuburan dan menggali kuburan di halaman rumah sakit.

Pertahanan sipil mengatakan beberapa jenazah adalah orang-orang yang tewas selama pengepungan rumah sakit. Yang lainnya terbunuh ketika pasukan Israel menggerebek rumah sakit tersebut.

Pejabat kesehatan Palestina mengatakan penggerebekan rumah sakit telah menghancurkan sektor kesehatan Gaza ketika mereka mencoba untuk mengatasi meningkatnya jumlah korban jiwa akibat perang selama lebih dari enam bulan.

Militer Israel mengatakan pasukannya menggali kuburan warga Palestina sebelumnya sebagai bagian dari pencarian sisa-sisa sandera yang ditangkap oleh Hamas dalam serangan 7 Oktober yang memicu perang. Militer mengatakan jenazah diperiksa dengan hormat dan jenazah yang bukan sandera Israel dikembalikan ke tempatnya.

Militer Israel mengatakan pihaknya membunuh atau menahan ratusan militan yang berlindung di dalam dua kompleks rumah sakit tersebut. Namun klaim ini belum dapat diverifikasi secara independen.

Serangan udara dan darat Israel di Gaza, yang bertujuan untuk melenyapkan Hamas, telah menewaskan lebih dari 34.000 warga Palestina, di mana sekitar dua pertiga dari mereka adalah anak-anak dan perempuan.

Hal ini telah menghancurkan dua kota terbesar di Gaza, menciptakan krisis kemanusiaan dan menyebabkan sekitar 80% penduduk wilayah tersebut mengungsi ke wilayah lain di wilayah pesisir yang terkepung.


[-]

-

Perang Israel-Hamas Bikin Dunia Inflasi, Ini Buktinya
(luc/luc)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240424185907-4-533166/geger-kuburan-massal-di-dua-rumah-sakit-gaza-pbb-serukan-investigasi
Tokoh

Graph

Extracted

companies Associated Press,
parties PBB,
nations Indonesia, Israel, Jalur Gaza, Palestina,
places DKI Jakarta,
cases pembunuhan,