Pro Kontra Wacana Anggaran Seragam Dinas DPRD Jakarta Capai 3 Miliar Serta Dilengkapi Pin Emas, Warganet: Dimana Hati Nuraninya

  • 24 April 2024 16:18:27
  • Views: 2

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beredar kabar, adanya wacana anggaran seragam dinas anggota legislatif Jakarta pada 2024 mencapai Rp3,08 miliar.

Selain seragam baju dinas, anggota DPRD Jakarta juga mendapatkan atribut yakni berupa pin yang terbuat dari emas.

Kabar ini dibenarkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris DPRD DKI Agustinus.

Peningkatan anggaran untuk seragam dinas anggota DPRD Jakarta ini dapat dilihat melalui Situs Sistem Informasi Rumah Sakit Umum Daerah (SIRUP LKPP) di sirup.lkpp.go.id.

Dalam situs tersebut, tertulis pengadaan pakaian miliaran rupiah tersebut dialokasikan dari duit rakyat alias anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI Jakarta tahun anggaran 2024.

“Sumber dana: APBD. T.A [tahun anggaran] 2024. Pagu RpRp3.086.890.132,” demikian yang tertulis dalam Sirup LKPP, dilansir Ayobandung.com pada Rabu, 24 April 2024.

Baca Juga: Diresmikan oleh Ridwan Kamil, Fly Over Senilai Rp42 Miliar Ini Sukses Atasi Kemacetan di Kota Bandung?

Pendanaan prihal seragam anggota DPRD Jakarta yang mencapai Rp3,08 miliar ini tentunya mendapatkan reaksi pro kontra dari publik.

Padahal, lima tahun lalu anggaran seragam dinas DPRD Jakarta hanya sebesar Rp1,45 miliar saja.

"Anggaran buat seragam aja sebesar itu...dimna hati nuraninya bnyak orang yg susah cari makan bahkan smpai kelaparan... astaghfirullahaladzim," tulis akun @rachmayani05 mengomentari, dilansir Ayobandung.com dari Instagram @perspektif_coid, Rabu 24 April 2024.

" Hah? Ngapain dari emas? Pake kuningan juga cukup. Ada2x aja nih Pemerintahan," ujar akun @rully.ardyansyah.

"Klo lgi kepepet bisa dijual ya," ujar akun @hnfabdrmn.

Baca Juga: Tak Kalah Pamor dengan Ridwan Kamil, PAN Usulkan Desy Ratnasari Maju Pilkada Jabar 2024, Lebih Tajir Mana?

Diketahui, pengadaan seragam anggota DPRD Jakarta yang senilai Rp3 miliar ini bakal menggunakan produk dari dalam negeri.

Tetapi, pengadaan baju untuk anggota dewan ini dinyatakan tidak mencakup aspek ekonomi, aspek sosial serta aspek lingkungan. Metode pemilihan pengadaan ini menggunakan electronic purchasing (e-purchasing).

Dalam situs Sirup LKPP, disebutkan bahwa pemanfaatan pakaian anggota DPRD DKI ini mulai Agustus 2024.***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912496914/pro-kontra-wacana-anggaran-seragam-dinas-dprd-jakarta-capai-3-miliar-serta-dilengkapi-pin-emas-warganet-dimana-hati-nuraninya?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Desy Ratnasari, Ridwan Kamil,
companies Dana, Instagram,
ministries DPRD,
parties PAN,
events Pilkada Serentak,
products emas,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, rupiah,
cities bandung,
cases Kemacetan,
musicclubs APRIL,