Sinyal PKS Tak Lagi Usung Anies di Pilkada Jakarta: Sudah Jadi Tokoh Nasional

  • 24 April 2024 14:50:20
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Presiden PKS Ahmad Syaikhu berbicara soal peluang untuk Anies Baswedan dicalonkan partainya pada Pilkada DKI 2024. Syaikhu meminta agar giliran Anies mendukung kader PKS.

Anies pernah menjabat sebagai Gubernur DKI pada periode 2017-2022. Ketika itu dirinya berpasangan dengan Sandiaga Uno dan diusung oleh koalisi Partai Gerindra bersama PKS.

Anies kemudian diusung maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2024 lewat dukungan gabungan partai politik NasDem, PKB, dan PKS.

Atas dasar itu, menurut Syaikhu, Anies harus tetap menjadi tokoh nasional dan tidak menurunkan statusnya bertarung di kancah daerah. Di sisi lain, dia meminta agar Anies memberikan dukungannya kepada kader PKS untuk maju di Pilkada DKI.

"Dengan masuknya pak Anies sebagai capres pada 2024 saya kira beliau ini sudah menjadi tokoh nasional, jadi jangan kemudian didegradasi kembali sebagai tokoh daerah jadi sangat sayang. Jadi kita akan terus berusaha untuk menjadikan pak Anies ini sebagai tokoh nasional," kata Syaikhu di DPP PKS, Jakarta Selatan, 23 April 2024.

"Maka dari itu ke depan, kalau kemarin kita sudah berusaha mengusung pak Anies dan bekerja sekuat tenaga untuk memenangkan pak Anies menjadi capres saya kira di pilkada ini saatnya pak Anies untuk mendukung kader PKS untuk maju di DKI," ucapnya melanjutkan.

Adapun Syaikhu menerima kunjungan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN). Pasangan itu melakukan silaturahmi kepada partai yang mengusung mereka di Pilpres 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 November 2024. Adapun untuk pelaksanaan Kampanye dijadwalkan pada 25 September 2024 hingga 23 November 2024.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017999196/sinyal-pks-tak-lagi-usung-anies-di-pilkada-jakarta-sudah-jadi-tokoh-nasional?page=all
Tokoh









Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Ahmad Syaikhu, Anies Baswedan, Sandiaga Uno,
ministries KPU,
parties Gerindra, Nasdem, PKB, PKS,
topics Pilpres 2024,
events Pilkada Serentak,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,