Janji Cak Imin Setia pada Gerakan Perubahan Walau Koalisi Bubar: Ini Tak Akan Berhenti

  • 24 April 2024 09:53:48
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan komitmennya untuk setia berada di dalam gerakan perubahan, meski Pilpres 2024 telah selesai.

Ikut dalam kontestasi bersama Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, dengan dukungan Koalisi Perubahan, Cak Imin mengaku kalah dan bahkan memberikan selamat kepada pemenang.

Kendati koalisi dipastikan selesai dan bubar, ia berkomitmen mempertahankan ide dan gagasan yang diusung selama Pemilu Pilpres kemarin.

Hal ini diungkap Cak Imin usai dirilisnya hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, 22 April 2024.

"Kami masih menerima, kita semua menghormati putusan Makamah Konstitusi ini sebagai keputusan yang final dan mengikat," kata Cak Imin, dalam video yang diunggah melalui YouTube Anies Baswedan, dikutip Selasa, 23 April 2024.

"Kami akan terus berkomitmen terhadap gerakan perubahan dan cita-cita jangka panjang, memperkuat pilar-pilar demokrasi, serta menghadirkan keadilan dan kemakmuran bagi semua dalam kesempatan apapun yang bisa kita raih di masa ini," ujarnya lagi.

Cak Imin menegaskan, gerakan perubahan tidak diusung hanya untuk dibiarkan mati di akhir kontestasi Pilpres 2024. Gerakan ini, kata dia, tidak akan berhenti sampai tercapai cita-cita demokrasi.

"Cita-cita kita untuk membangun negara yang menjamin keleluasaan berbicara dan kebebasan mengkritik negara di mana warganya bebas memilih tanpa iming-iming imbalan sesaat, dan tekanan maupun ancaman. Ini tidak akan berhenti, kita harus terus berjuang bersama-sama," ujarnya.

"Namun, saudara-saudara kepada seluruh para pendukung yang telah menitip aspirasi perubahan kepada kami sebagia capres dan cawapres, di sinilah ujung perjuangan konstitusional kita dalam pilpres hari ini. Keputusan MK hari ini menjadi penanda berakhirnya PIlpres 2024," kata dia, menjelaskan.

Baca Juga: Jokowi Akan Bantu Prabowo dalam Transisi Pemerintahan: Saatnya Bekerja Bangun Negara

Koalisi Perubahan Bubar Jalan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengumumkan bahwa koalisi perubahan sudah bubar jalan. Hal itu seiring dengan selesai dibacakannya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 itu pun menyebut, koalisi perubahan sudah selesai usai putusan MK yang juga selesai dibacakan.

"Koalisi perubahan secara target, tujuan dan fungsi sudah selesai," kata Cak Imin di Kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jakarta, Senin 22 April 2024 malam.

Ketua Umum PKB itu menegaskan bahwa secara kerja sama, tentu PKB sangat berharap bisa bekerja sama dengan NasDem, PKS, dan partai-partai manapun. Namun bagi PKB, kebersamaan dengan NasDem dan PKS membuahkan memori yang manis yang tentu akan sangat membekas.

"Itu memudahkan kalau kerja sama di masa datang," ucap Cak Imin.

Sementara itu, Anies Baswedan menegaskan koalisi perubahan sudah selesai, karena dibentuk hanya untuk pemilihan presiden. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017999595/janji-cak-imin-setia-pada-gerakan-perubahan-walau-koalisi-bubar-ini-tak-akan-berhenti?page=all
Tokoh









Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Anies Baswedan, Joko Widodo, Prabowo,
companies YouTube,
ministries MK,
parties Nasdem, PKB, PKS,
topics Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,