Apa Isi Pesan Anies Baswedan ke Pendukung usai MK Nyatakan Prabowo-Gibran Menang?

  • 24 April 2024 08:51:34
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan membagikan pesan kepada simpatisan dan pendukungnya, usai keluar hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2024.

Putusan MK berarti menegaskan kemenangan paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Dengan demikian, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) resmi ditetapkan kalah.

Selain mengucapkan terima kasih, Anies berpesan kepada para pendukung untuk tetap menjaga stamina demi berjuang terus di jalan perubahan.

"Tetap semangat, jaga stamina, perjuangan masih panjang, izinkan kami menyampaikan terimakasih," katanya, dalam keterangan video, dilihat Selasa, 23 April 2024.

Kendati tidak keluar sebagai pemenang, Anies mengaku bangga sebab kontestasi pilpres kali ini anak muda begitu aktif dan partisipatif. Ia mengaku merasakan pesan optimisme dari generasi baru.

"Terimakasih telah menjadikan pilpres kali ini yang menyenangkan, mencerahkan dan tidak kalah penting adalah mencerdaskan," ujar capres Koalisi Perubahan tersebut.

"Begitu banyak cita-cita besar yang dapat diperjuangkan melalui jalan politik. Bisa saat ini kondisinya masih begitu mengecewakan, justru ini adalah tanda, ini adalah pengingat, bahwa perlu semakin banyak dari kita semua yang mau berjuang di jalan politik," ucapnya, menegaskan tujuan besar yang diusung.

Baca Juga: Jokowi Akan Bantu Prabowo dalam Transisi Pemerintahan: Saatnya Bekerja Bangun Negara

Janji Cak Imin Setia pada 'Perubahan'

Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menyampaikan komitmennya untuk setia berada di dalam gerakan perubahan, meski Pilpres 2024 telah selesai.

Ikut dalam kontestasi bersama Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, dengan dukungan Koalisi Perubahan, Cak Imin mengaku kalah dan bahkan memberikan selamat kepada pemenang.

Kendati koalisi dipastikan selesai dan bubar, ia berkomitmen mempertahankan ide dan gagasan yang diusung selama Pemilu Pilpres kemarin.

Hal ini diungkap Cak Imin usai dirilisnya hasil putusan sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, 22 April 2024.

"Kami masih menerima, kita semua menghormati putusan Makamah Konstitusi ini sebagai keputusan yang final dan mengikat," kata Cak Imin, dalam video yang diunggah melalui YouTube Anies Baswedan, dikutip Selasa, 23 April 2024.

"Kami akan terus berkomitmen terhadap gerakan perubahan dan cita-cita jangka panjang, memperkuat pilar-pilar demokrasi, serta menghadirkan keadilan dan kemakmuran bagi semua dalam kesempatan apapun yang bisa kita raih di masa ini," ujarnya lagi.

Cak Imin menegaskan, gerakan perubahan tidak diusung hanya untuk dibiarkan mati di akhir kontestasi Pilpres 2024. Gerakan ini, kata dia, tidak akan berhenti sampai tercapai cita-cita demokrasi.

"Cita-cita kita untuk membangun negara yang menjamin keleluasaan berbicara dan kebebasan mengkritik negara di mana warganya bebas memilih tanpa iming-iming imbalan sesaat, dan tekanan maupun ancaman. Ini tidak akan berhenti, kita harus terus berjuang bersama-sama," ujarnya. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017999703/apa-isi-pesan-anies-baswedan-ke-pendukung-usai-mk-nyatakan-prabowo-gibran-menang?page=all
Tokoh











Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Anies Baswedan, Gibran Rakabuming Raka, Joko Widodo, Prabowo,
companies YouTube,
ministries MK,
topics Pilpres 2024,
musicclubs APRIL,