Top 3 Tekno Berita Hari Ini: Pendaftaran IPDN Dibuka, Prakiraan Cuaca Hujan, Potensi Gelombang Tinggi

  • 24 April 2024 05:33:40
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Top 3 Tekno Berita Hari Ini dimulai dari topik tentang Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang banyak diminati selain Sekolah Tinggi Administrasi Negara atau STAN. Saat ini IPDN membuka peluang bagi calon praja untuk mengikuti proses seleksi dengan beberapa syarat.

Berita populer selanjutnya tentang Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sebagian besar daerah di Indonesia pada Selasa, 23 April 2024. Sebagaimana dikutip Antara, hujan lebat itu diperkirakan terjadi di 29 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Selain itu, BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 23-24 April 2024.

1. Pendaftaran IPDN Dibuka, Apa Saja Syarat dan Berkas Administrasinya?

Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang banyak diminati selain Sekolah Tinggi Administrasi Negara atau STAN. Saat ini IPDN membuka peluang bagi calon praja untuk mengikuti proses seleksi dengan beberapa syarat.

IPDN berada di bawah Kementerian Dalam Negeri, yang menyelenggarakan pendidikan tinggi kepamongprajaan dan menyiapkan kader pemerintahan dalam negeri. Baik di lingkungan pemerintahan pusat maupun pemerintah daerah.

Melansir dari lama umsu.ac.id, prasyarat umum calon praja IPDN adalah warga negara Indonesia (WNI), usia peserta seleksi minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada tahun berjalan pendaftaran IPDN, dan tinggi badan bagi pria minimal 160 cm dan wanita minimal 155

2. BMKG Perkirakan Hujan Lebat di 29 Provinsi, Waspadai Angin Kencang dan Petir

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan lebat berpotensi mengguyur sebagian besar daerah di Indonesia pada Selasa, 23 April 2024. Sebagaimana dikutip Antara, hujan lebat itu diperkirakan terjadi di 29 provinsi, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, dan Banten.

Iklan

Berikutnya adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Selain itu, ada pula Provinsi Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

BMKG juga memperingatkan masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, dan Maluku.

3. BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 2,5 Meter di Sejumlah Perairan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 23-24 April 2024.

Prakirawan BMKG Dyah Ayu Damayanti mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari timur laut-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin berkisar 4-20 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Samudra Hindia Selatan Jawa-NTT, Laut Sawu, Laut Banda, dan Laut Arafuru," ucap Dyah dikutip dari siaran pers, Selasa, 23 April 2024.

Pilihan Editor: Cara Membisukan Telepon WA dari Nomor Tak Dikenal yang Mengganggu


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1859972/top-3-tekno-berita-hari-ini-pendaftaran-ipdn-dibuka-prakiraan-cuaca-hujan-potensi-gelombang-tinggi
Tokoh



Graph