Bukan cuma Indonesia, 5 Negara dengan Waktu Tunggu Haji Paling Lama, Ada yang sampai 100 Tahun Lebih

  • 24 April 2024 00:04:07
  • Views: 1

 

AYOBANDUNG.COM -- Masalah waktu tunggu haji yang lama bukan hanya dialami Indonesia saja.

Beberapa negara-negara ini juga memiliki permasalahan yang sama saking banyaknya populasi umat Islam ingin menjalankan rukum Islam kelima dalam kepercayaan mereka.

Antrean panjang haji di negara-negara ini juga dipengaruhi karena quota yang diberikan Arab Saudi sebagai penyelenggara haji.

Biar tidak penasaran, berikut ini lima negara dengan waktu tunggu haji paling lama, ternyata bukan Indonesia nomor satu.

Baca Juga: Gugatan Sengketa Pilpres 2024 Ditolak MK, Beredar Narasi Anies Baswedan Tak Lagi Bisa Mencalonkan Diri Jadi Presiden Seumur Hidup

5. China

Di China, umat muslih harus menunggu 5 tahun untuk bisa pergi haji karena quota yang diberikan hanya 9.190 orang setiap tahunnya.

4. Inggris

Di Inggris waktu tunggu haji adalah 10 tahun dengan quota setiap tahunnya 12.348 orang.

3. Singapura

Singapura hanya memiliki qouta 900 orang saja sehingga antreannya bisa sampai 35 tahun.

4. Indonesia

Kini di Indonesia waktu tunggu haji sudah lebih dari 40 tahun dengan quota 241.000. Padahal quota itu sudah ditambah oleh pemerintah Arab Saudi, namun karena banyaknya yang ingin berhaji tetap masih cukup lama mengantrenya.

5. Malaysia

Kalau masyarakat Indonesia saja sudah menganggap 40 tahun sangat lama, ternyata di Malaysia jauh lebih lama waktu tunggu hajinya. Di sana bisa mencapai 100 tahun antreannya. Ini karena banyak umat muslim namun quotanya hanya 31.600 orang saja per tahunnya.

Melansir Kemenag, bahkan Executive Director of Group Finance Tabung Haji Malaysia, Mustakim Mohamad sempat menyebut pada 30 Agustus 2023 waktu tunggunya mencapai 149 tahun.

Itulah lima negara dengan waktu tunggu haji paling lama di dunia.***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912488518/bukan-cuma-indonesia-5-negara-dengan-waktu-tunggu-haji-paling-lama-ada-yang-sampai-100-tahun-lebih?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
ministries Kemenag, MK,
religions Islam,
topics haji, Pilpres 2024,
nations Arab Saudi, Indonesia, Inggris, Malaysia, Republik Rakyat Cina, Singapura,