3 Kawasan Wisata Ini Dulu Menjadi Primadona, Kini Terbengkalai Tak Terurus, Salah Satunya Ada di Bandung

  • 23 April 2024 22:05:10
  • Views: 3

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Indonesia memiliki beragam destinasi wisata yang cukup populer dan banyak dikunjungi, sehingga kawasan tersebut selalu dipadati para pengunjung dari beberapa kota.

Namun, seiring berjalannya waktu kejayaan pada destinasi wisata tersebut hanya sementara, sehingga menjadi tempat yang terbengkalai tidak terurus.

Bahkan banyak diantaranya yang kini dikenal angker dan kerap dijadikan sebagai tempat uji nyali oleh warga sekitar hingga para pengunjung yang ingin merasakan aura mistis tersebut.

Baca Juga: Telan 33 Juta Dolar AS, Flyover di Bandung Ini Ternyata Dibangun dari Hasil Utang ke Kuwait

Seperti diketahui bahwa Bandung menjadi salah satu wilayah yang dijadikan tujuan berlibur karena memiliki beragam destinasi wisata. Tetapi terdapat salah satunya yang terbengkalai. Padahal dulu kawasan tersebut menjadi primadona.

Berikut akan disajikan ketiga destinasi wisata yang dulu jadi primadona, kini harus terbengkalai dan terlupakan.

1. Kampung Gajah

Kampung Gajah Wonderland ini terletak di Kabupaten Bandung Barat yang dibangun di atas lahan seluas 60 hektare dengan mengusung konsep taman bermain.

Banyak pilihan wahana menarik seperti buggy family, formula kart, dan delman royal. Bahkan tempat ini menjadi favorit untuk berswafoto.

Namun dibalik kepopulerannya, tempat wisata ini hanya bisa bertahan selama 8 tahun. Berdiri pada tahun 2009, Kampung Gajah dinyatakan bangkrut pada tahun 2017 karena dilanda pailit.

Baca Juga: Perkembangan Destinasi Wisata Kabupaten Bandung Tidak Diiringi Pembangunan Infrastruktur, Setiap Liburan Kerap Macet

Hal itu membuat Kampung Gajah harus ditutup, dan kini terbengkalai tak terurus membuat kawasan ini terlihat kumuh dan merinding. Sehingga kampung gajah kerap dijadikan sebagai tempat uji nyali.

2. Depok Fantasi Waterpark

Depok Fantasi Waterpark, atau yang dikenal dengan sebutan Aladin Waterpark ini cukup populer pada masanya. Terdapat beberapa wahana seperti air mancur, ember tumpah, seluncuran air tinggi, dan masih banyak yang lainnya.

Namun, tempat wisata yang didirikan pada tahun 2008 ini harus ditutup dikarenakan imbas dari pandemi Covid-19.

Berbeda dengan tempat wisata Kampung Gajah yang bangunannya menjadi terbengkalai, Depok Fantasi Waterpark ini sekarang keadaannya sudah rata dengan tanah.

Bahkan tanah bekas tempat wisata ini telah beralih fungsi menjadi sebuah komplek perumahan.

Baca Juga: Kelistrikan di Kawasan Wisata Lembang Dipastikan Aman Sepanjang Lebaran

3. Taman Festival

Bagi yang menyukai tempat berbau mistis bisa mendatangi tempat ini yang dulunya begitu populer dengan pilihan wahana seperti amphiteather, kebun binatang, hingga wisata alam.

Taman Festival di Bali ini mulai dibangun sejak tahun 1997, namun dua tahun kemudian tepatnya tahun 1999, tempat wisata ini harus gulung tikar.

Pada saat ditinggalkan, masih banyak bangunan yang belum terselesaikan sehingga hal ini terpaksa harus terbengkalai. Kemudian pada tahun 2012 terjadi kebakaran di kawasan ini, sehingga membuat tempat ini semakin terasa menyeramkan.

Kini bangunan dinding tersebut cukup mengkhawatirkan karena dinding-dinding yang sudah ditumbuhi dengan semak belukar membuat semakin merinding bagi yang melihatnya.

Itulah ketiga destinasi wisata yang dulu sempat menjadi primadona, tak sempat bertahan lama kini tempat tersebut menjadi terbengkalai.


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912488780/3-kawasan-wisata-ini-dulu-menjadi-primadona-kini-terbengkalai-tak-terurus-salah-satunya-ada-di-bandung?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

products dolar AS,
nations Indonesia, Kuwait,
places JAWA BARAT,
cities bandung, Depok,
cases covid-19, kebakaran,
animals Gajah,