Atmosfer Bergejolak, BMKG Minta Masyarakat Waspadai Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan,

  • 23 April 2024 19:55:09
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan gelombang Rossby Ekuatorial akan aktif di wilayah Aceh, area-area di Jawa, Bali, dan seluruh Nusa Tenggara selama sepekan ke depan. Fenomena atmosfer tersebut berpotensi mendongrak intensitas hujan. Untuk itu BMKG juga menerbitkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk sebagian besar wilayah di Indonesia.

"Aktivitas gelombang Kelvin juga terpantau aktif. Faktor-faktor tersebut mendukung potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah tersebut," begitu bunyi pernyataan resmi BMKG, Selasa, 23 April 2024.

Menurut catatan BMKG, daerah tekanan rendah atau LPA di Samudra Hindia barat daya Bengkulu membentuk perlambatan kecepatan angin alias konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga pesisir barat Bengkulu. Kondisi LPA itu juga membentuk daerah pertemuan angin atau konfluensi di pesisir barat Aceh hingag Barat Bengkulu.

Tim BMKG juga mendeteksi sirkulasi siklonik di Laut Arafuru dan Laut Flores yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Papua Pegunungan hingga Papua Selatan, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan, serta dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara. Konvergensi itu juga memanjang di Pesisir Barat Aceh, Pesisir Selatan Jawa Barat hingga selatan Banten, dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Tengah, serta di Samudra Pasifik Utara Papua Barat Daya. Semua kondisi igu juga memicu pertumbuhan awan hujan.

Dari perhitungan BMKG, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpeluang turun di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, hingga Lampung. Potensi itu juga terdeteksi di Pulau Jawa, mulai dari Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, hingga Jawa Timur.

Iklan

Guyuran hujan sedang hingga lebat itu juga bisa terjadi di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan. Prakiraan yang sama juga untuk seluruh wilayah Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan,” begitu bunyi imbauan BMKG.

Jenis cuaca ekstrem yang dimaksud meliputi puting beliung, hujan petir, hujan es, dan beberapa lainnya. BMKG juga mengingatkan soal bahaya banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, dan jalanan licin di wilayah yang terkena cuaca ekstrem.

Pilihan Editor: Cegah Krisis Pangan ala Gang 8 Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1859858/atmosfer-bergejolak-bmkg-minta-masyarakat-waspadai-cuaca-ekstrem-sepekan-ke-depan
Tokoh



Graph