10 Contoh Soal Error Recognition dan Pembahasan

  • 23 April 2024 20:47:11
  • Views: 3

JAKARTA, iNews.id - Contoh soal error recognition dan pembahasannya berikut dapat menguji pemahaman bahasa Inggris. Error recognition adalah jenis soal yang meminta seseorang untuk menemukan kesalahan dalam sebuah kalimat. 

Kesalahan yang dicari bukan jawaban yang benar, melainkan bagian kalimat yang salah. 

Soal error recognition biasanya mencakup berbagai jenis kesalahan, seperti kesalahan tata bahasa (grammar), kesalahan makna kata, dan kesalahan pilihan kata atau frasa.

Berikut ini adalah 10 contoh soal error recognition dan pembahasannya, yang dirangkum iNews.id dari berbagai sumber, Senin (22/4/2024).

10 Contoh Soal Error Recognition dan Pembahasan

1. The structure of Borobudur temple, (A)who is composed of 55,000 square meters of lava – rock, is (B)erected on the hill in he form of a stepped pyramid of six rectangular stories, three (C)circular terraces, and a central stupa (D)forming the summit.

Jawaban: A

Pembahasan: Di dalam “adjectve clause” ketika menerangkan benda maka seharusnya menggunakan “which”. Sementara "who, whom” digunakan untuk menjelaskan orang. Dalam kalimat di atas kata “who” salah karena menjelaskan Borobudur Temple sehingga seharusnya menjadi“which”.

 2. Ira : "You look very (A)beautifully wih that dress." 
Mery : "Thank you. My father (B)bought it for me on my birthday."
Ira : "What a (C)lovely dress. It must (D)be very expensive." 

Jawaban: A

Pembahasan: Kata beautifully salah seharusnya berupa kata sifa yaitu beautiful karena menjelaskan kata benda you.

3. Gandi: (A)"Do you know Jana? What does she (B)look like?" 
Kenny : "She is beautiful, tall, and (C)slim. She (D)have a long wavy hair and black eyes."

Jawaban: D

Pembahasan: Di dalam present tense, jika subjeknya she, he, i, maka menggunakan 'has' sehingga jelas jika jawaban have salah, seharusnya has.

4. Pandas live (A)in coniferous forests, eat bamboo shoots and leaves (B)fast and (C) spending about 12 hours a day (D)eating.

Jawaban: C

Pembahasan: Pilihan A sudah benar karena preposisi yang dibutuhkan adalah “di dalam”. Pilihan B sudah benar karena merupakan kata keterangan untuk kata kerja. Pilihan D sudah benar karena dibutuhkan verba dalam bentuk continuous sebagai keterangan untuk apa yang dilakukan panda dengan menghabiskan waku sepanjang 12 jam per hari. Sementara itu, pilihan C tdak tepat karena tidak mengikut pola verba yang digunakan pada klausa sebelumnya (live dan eat). Agar tepat, spending perlu digant menjadi spend. Dengan demikian, jawaban yang salah adalah pilihan C.

5. (A)Opposite with the gambir Station, you (B)will (C)find the old "Monas Square“ and the (D)statue of R.A Kartni. 

Jawaban: A

Pembahasan: Kata Opposie seharusnya diikuti oleh 'to', bukan with. Jadi seharusnya kalimat tersebut berbunyi: Opposie to the Gambir Station, you will find the old "Monas Square" and the statue of R.A Kartini.

6. Ceramics can be harder, (A) light, and more (B) resistant to (C) heat than (D) metals.

Jawaban: A

Pembahasan: Kata 'and' menghubungkan antara harder, light, dan more resistant. Kata-kata tersebut harus parallel satu sama lain sehingga light harus diubah menjadi lighter (lebih ringan).

7. (A) Not everyone realizes (B) that the (C) most largest organ of the (D) human body is the skin.

Jawaban: C

Pembahasan: Untuk menunjukkan adanya superlative adjective, gunakan most/…est karena large hanya memiliki 1 syllable (suku kata), maka kita harus menggunakan …est bukan most, sehingga menjadi largest saja.

8. Mold is (A) extremely (B) destruction to (C) books in (D) a library.

Jawaban: B

Pembahasan: Setelah to be is, tidak ada determiner, padahal destruction adalah singular noun yang membutuhkan determiner. Selain itu, jika kita menggunakan destruction, seharusnya keterangan yang digunakan bukan adverb extremely melainkan adjective extreme sehingga menjadi: an/the/my/determiner lainnya + extreme destruction. Kata yang benar untuk menggantikan destruction adalah destructive, sehingga adverb “extremely” sudah tepat sebagai penjelasan untuk adjective “destructive”.

9. Sidney Lanier (A) achieved fame both (B) as a poet (C) or as a symphony (D) musician.

Jawaban: C

Pembahasan: Paired conjunction: both….and….

10. The (A) horses used (B) play polo are not of any (C) special breed or of any (D) definite size.

Jawaban: B 

Pembahasan: The horses adalah subjek, dan verb nya adalah are saja, sedangkan used merupakan V3 yang berfungsi sebagai adjective. Dikarenakan sudah ada 1 verb dan tidak ada penghubung verb, maka play salah, seharusnya diganti menjadi to play agar tidak lagi menjadi verb. Hindari double verb dalam suatu kalimat jika tidak ada connector untuk kedua verb tersebut.


Itulah 10 contoh soal error recognition dan pembahasannya. Selamat belajar.

Editor : Komaruddin Bagja

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/10-contoh-soal-error-recognition-dan-pembahasan
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ngos WHO,
fasums Borobudur, Monas,
nations Inggris,
places DKI Jakarta,
cities Gambir, Kartini,