Pabrik Rotan Ekspor di Cirebon Terbakar

  • 23 April 2024 17:34:50
  • Views: 3

Cirebon: Pabrik rotan ekspor milik PT Indogo Mandiri Sejahtera di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, terbakar hebat pada dini hari tadi, Senin, 22 April 2024. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 00.30 itu, menghabiskan hampir seluruh area pabrik yang memiliki luas 14.000 meter. Kasi Tanggap Darurat Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, mengatakan, menerima informasi kebakaran tersebut sekitar pukul 00.50 WIB. "Kami dapat informasi dari sekuriti yang bertugas di pabrik, bahwa terjadi kebakaran," kata Eno, Senin. Pihaknya kemudian menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Jaga Weru. Namun baru sampai di lokasi, petugas menyampaikan bahwa api yang membakar cukup besar. Eno kemudian menginstruksikan pos jaga lainnya seperti Arjawinangun, Sumber, Gunungjati, dan Palimanan, untuk mengirimkan armadanya menuju lokasi kebakaran. Ternyata, ujar Eno, jumlah armada masih saja belum bisa menangani api yang sangat besar tersebut. Eno kemudian meminta bantuan armada dari Damkar Kota Cirebon dan dua tambahan lainnya dari Pos Jaga Sindanglaut dan Pangenan.   "Sehingga total ada sekitar 11 armada yang diturunkan," kata Eno. Menurutnya, api mulai bisa dikendalikan oleh petugas, setelah melakukan pemadaman api selama tiga jam. Banyaknya barang yang mudah terbakar, membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan. Eno menyebut, ada sebanyak tiga lokal bangunan pabrik yang terbakar habis, yaitu satu lokal ukuran besar dan dua lainnya berukuran lebih kecil. Sedangkan penyebab kebakaran masih belum diketahui. "Namun kami dapat info dari petugas keamanan, bahwa mereka mendengar suara ledakan sekitar pukul 00.30," kata Eno. Saat ini, pihaknya masih melakukan pendinginan, untuk memastikan seluruh bara api sudah padam dan tidak kembali menimbulkan kebakaran.

Cirebon: Pabrik rotan ekspor milik PT Indogo Mandiri Sejahtera di Kecamatan Plumbon Kabupaten Cirebon, terbakar hebat pada dini hari tadi, Senin, 22 April 2024. Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 00.30 itu, menghabiskan hampir seluruh area pabrik yang memiliki luas 14.000 meter.
 
Kasi Tanggap Darurat Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cirebon, Eno Sujana, mengatakan, menerima informasi kebakaran tersebut sekitar pukul 00.50 WIB.
 
"Kami dapat informasi dari sekuriti yang bertugas di pabrik, bahwa terjadi kebakaran," kata Eno, Senin.
Pihaknya kemudian menerjunkan satu unit mobil pemadam kebakaran dari Pos Jaga Weru. Namun baru sampai di lokasi, petugas menyampaikan bahwa api yang membakar cukup besar.
 
Eno kemudian menginstruksikan pos jaga lainnya seperti Arjawinangun, Sumber, Gunungjati, dan Palimanan, untuk mengirimkan armadanya menuju lokasi kebakaran.
 
Ternyata, ujar Eno, jumlah armada masih saja belum bisa menangani api yang sangat besar tersebut. Eno kemudian meminta bantuan armada dari Damkar Kota Cirebon dan dua tambahan lainnya dari Pos Jaga Sindanglaut dan Pangenan.
 
"Sehingga total ada sekitar 11 armada yang diturunkan," kata Eno.
 
Menurutnya, api mulai bisa dikendalikan oleh petugas, setelah melakukan pemadaman api selama tiga jam. Banyaknya barang yang mudah terbakar, membuat api cepat membesar dan sulit dipadamkan.
 
Eno menyebut, ada sebanyak tiga lokal bangunan pabrik yang terbakar habis, yaitu satu lokal ukuran besar dan dua lainnya berukuran lebih kecil. Sedangkan penyebab kebakaran masih belum diketahui.
 
"Namun kami dapat info dari petugas keamanan, bahwa mereka mendengar suara ledakan sekitar pukul 00.30," kata Eno.
 
Saat ini, pihaknya masih melakukan pendinginan, untuk memastikan seluruh bara api sudah padam dan tidak kembali menimbulkan kebakaran.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(MEL)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/ob3ZPpAN-pabrik-rotan-ekspor-di-cirebon-terbakar
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
organizations API,
topics ekspor,
places JAWA BARAT,
cities Cirebon,
cases kebakaran,
musicclubs APRIL,