Waktunya Kembali Bersatu

  • 23 April 2024 07:58:00
  • Views: 3

Jakarta -

Mahkamah Konstitusi (MK) menolak permohonan sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Masing-masing pihak pun menerima putusan MK yang dibacakan pada Senin (22/4/2024).

Capres no urut 1 Anies Baswedan menemui Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh usai gugatan ditolak MK. Ia mengatakan hendak bersilaturahmi ke partai-partai pengusung.

"Jadi dengan MK tadi sudah menyampaikan keputusannya. Hari ini saya bersilaturahmi dengan partai-partai pengusung. Mampir ke Surya Paloh ketum NasDem setelah itu saya mau ke PKB," kata Anies kepada wartawan di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies mengatakan amanat dari partai pengusung telah selesai dijalankan. Ia pun bersilaturahmi ke partai pengusung karena amanah sudah selesai.

"Jadi menyampaikan kepada partai-partai pengusung atas amanat yang kemarin diembankan amanat yang sudah dijalankan proses pada sampai di ujung jadi kemudian silaturahmi menyampaikan bahwa tugas sudah dijalankan," imbuhnya.

Usai pertemuan, Surya Paloh menyatakan pihaknya menghormati putusan MK yang menolak gugatan. Paloh mengatakan putusan MK sudah final dan mengikat.

"Hari ini MK telah memberikan putusan menolak seluruh gugatan, apa sikap kita? Saya pikir bagi NasDem ini adalah keputusan final dan mengikat bagi seluruh prosedur hukum yang kita miliki di negeri ini," kata Paloh.

Paloh mengatakan putusan MK harus dihormati dan dihargai. Dia juga mengingatkan agar semangat membangun negeri tidak berhenti.

"Kita menghormati dan menghargai itu, ini jelas, bahkan tentu tidak hanya sekadar itu, saya ingin mengingatkan semuanya, perjuangan kita bersama untuk membangun negeri ini tidak boleh terhenti, tidak boleh juga harus merasa dikecilkan karena ada satu keputusan yang tak sesuai dengan harapan kita, ini konsekuensi dari demokrasi ini," lanjut Paloh.

Senada dengan kubu AMIN, capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku menerima keputusan MK. Ganjar mengucapkan selamat bekerja kepada Prabowo-Gibran selaku pemenang Pilpres.

"Saya dan Pak Mahfud tinggal hari ini saja, akhir dari sebuah perjalanan, maka apapun keputusannya kami sepakati untuk menerima, kami terima, dan tentu kami ucapkan selamat bekerja untuk pemenang dan mudah-mudahan PR-PR bangsa ke depan bisa segera diselesaikan," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan proses di MK telah berjalan dengan sesuai. Ganjar pun menyampaikan terima kasih atas dukungan para relawan dan masyarakat kepadanya. Mantan Gubernur Jawa Tengah itu juga memberikan apresiasi kepada MK. Terlebih, kata Ganjar, ada dissenting opinion di dalam putusan MK.

"Hakim majelis saya apresiasi, yang pertama menerima proses ini dari awal, kemudian menyidangkan, sampai kemudian tadi diputuskan dan ada dissenting-nya," jelasnya.

Partai pengusung Ganjar-Mahfud, PPP, menerima putusan MK yang menolak gugatan hasil Pilpres 2024. Ketua DPP PPP Achmad Baidowi lantas mengucapkan selamat ke presiden dan wapres terpilih Prabowo-Gibran.

"PPP menghormati hasil PHPU Pilpres karena keputusan MK merupakan final dan terakhir. Kami menyampaikan selamat kepada pasangan Prabowo-Gibran," kata Awiek kepada wartawan, Senin (22/4/2024).

Awiek pun mengajak elemen bangsa kembali bersatu usai kompetisi Pilpres 2024. Menurutnya, gelaran pilpres hanyalah kontestasi yang sama-sama memiliki tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

"Saatnya semua elemen bangsa Indonesia bersatu untuk membangun negeri dengan semangat persatuan dan kesatuan. Kontestasi politik lima tahunan merupakan instrumen demokrasi yang tujuan utamanya untuk kesejahteraan rakyat. Karena itulah pembangunan Indonesia tujuannya untuk kesejahteraan rakyat," kata dia.

Usai MK membacakan putusan, cawapres terpilih Gibran Rakabuming Raka menyatakan ingin menemui Anies dan Ganjar. Gibran menyebut dirinya ingin bersilaturahmi.

"Sekali lagi, yang namanya silaturahmi itu hal yang baik. Semoga bisa segera ketemu di momen-momen yang lain," kata Gibran.

Sementara itu, Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid, mengatakan akan banyak kejadian politik usai penetapan presiden dan wapres terpilih. Apa saja kira-kira kejadian politik yang disebut Nusron? Selengkapnya akan dibahas dalam program detik Pagi edisi Selasa (23/4/2024).

Nikmati terus menu sarapan informasi khas detik Pagi secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 08.00-11.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Tidak hanya menyimak, detikers juga bisa berbagi ide, cerita, hingga membagikan pertanyaan lewat kolom live chat.

"Detik Pagi, Jangan Tidur Lagi!"

(vrs/vrs)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7305304/waktunya-kembali-bersatu
Tokoh



















Graph