PDIP: Putusan MK Soal Sengketa Pilpres Telah Legalkan Abuse of Power Jokowi

  • 23 April 2024 07:55:32
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - PDI Perjuangan (PDIP) menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak dalil permohonan kubu Ganjar Pranowo-Mahfud Md untuk seluruhnya. PDIP menyebut putusan MK tidak didasari keadilan yang hakiki dan melupakan kaidah etika dan moral. Sehingga MK dalam putusannya, semakin melegalkan Indonesia sebagai negara kekuasaan.

“Konsekuensinya, Indonesia masuk dalam kegelapan demokrasi yang semakin melegalkan bekerjanya authoritarian democracy melalui abuse of power Presiden Jokowi,” kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di DPP PDIP, Senin, 22 April 2024.

Lebih lanjut Hasto menyampaikan, PDIP khawatir berbagai praktik kecurangan Pemilu secara masif, termasuk penggunaan sumber daya negara dan instrumen negara, akan semakin mewarnai pelaksanaan pemilu ke depannya. Menurutnya, kecurangan Pemilu yang diabaikan berpotensi terjadi kembali dengan tingkat kerusakan terhadap nilai-nilai demokrasi yang semakin besar dan mematikan prinsip kedaulatan rakyat di dalam menentukan pemimpinnya.

PDIP, kata Hasto, menilai bahwa demokrasi di Indonesia terbatas hanya pada demokrasi prosedural. Dampaknya, lanjut dia, legitimasi kepemimpinan nasional ke depan akan menghadapi persoalan serius. Apalagi, dengan berbagai persoalan perekonomian nasional dan tantangan geopolitik global.

Hasto menilai MK telah gagal menjalankan fungsinya sebagai benteng Konstitusi penjaga demokrasi. Namun, kata dia, PDIP tetap menghormati putusan MK yang bersifat final.

“PDI Perjuangan menghormati keputusan MK, dan akan terus berjuang di dalam menjaga Konstitusi, dan memperjuangkan demokrasi melalui pelaksanaan Pemilu yang demokratis, jujur dan adil, serta berjuang untuk menggunakan setiap ruang hukum termasuk melalui PTUN,” ujar Hasto.

“Percayalah bahwa keputusan hakim MK yang menolak seluruh dalil gugatan akan dicatat dalam sejarah, dan keputusan tersebut harus dipertanggungjawabkan terhadap masa depan. Sebab kebenaran dalam politik akan diuji oleh waktu,” kata Hasto.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017996420/pdip-putusan-mk-soal-sengketa-pilpres-telah-legalkan-abuse-of-power-jokowi?page=all
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, Hasto Kristiyanto, Joko Widodo, Mahfud MD,
ministries MK, PTUN,
parties PDIP,
nations Indonesia,
musicclubs APRIL,