Anies: Prabowo Patriotik, Bakal Kembalikan dan Jaga Nilai Demokrasi ke Depan

  • 23 April 2024 04:45:36
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar menitipkan pesan kepada pasangan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Senin, 22 April 2024.

Hal itu seiring Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan menolak seluruh permohonan yang diajukan pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies-Muhaimin dalam sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024.

Anies-Muhaimin mengatakan bahwa mereka telah menerima dan menghormati putusan MK. Keduanya pun memberikan selamat dan harapan kepada Prabowo-Gibran.

"Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua," kata Anies yang ditemani Muhaimin dalam tayangan video berjudul "Sikap AMIN terhadap putusan MK" sebagaimana dilihat dari YouTube Anies Baswedan.

Sementara itu Anies secara spesifik menitipkan pesan kepada Prabowo yang juga Menteri Pertahanan itu. Anies mengaku berkali-kali ditanya pendapat pribadi tentang Prabowo dan menjawab bahwa Prabowo adalah seorang patriot.

"Hari ini saya terus mempercayai sebagai seorang patriot, beliau adalah seorang yang telah mengalami pendidikan modern sejak usia belia dan berasal dari keluarga intelektual yang amat terpandang," kata Anies.

Oleh karena itu, Anies percaya bahwa Prabowo memahami dalam demokrasi yang baik tentu menerima keberadaan oposisi sebagai partner dalam bernegara. Dan juga memahami tentang keseimbangan dan independensi tiga cabang kekuasaan yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif.

"Lalu menjamin kebebasan media sebagai pilar keempat demokrasi, serta yang tidak kalah penting adalah menjaga kebebasan rakyat di dalam bersuara, dalam mengungkapkan pendapat, dalam berserikat berkumpul dalam sebuah proses demokrasi," ucap Anies.

"Dan sebagai seorang patriotik, menurut saya, Pak Prabowo akan mengembalikan dan akan menjaga nilai-nilai demokrasi ini di masa-masa Indonesia ke depan," ujarnya.


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017996509/anies-prabowo-patriotik-bakal-kembalikan-dan-jaga-nilai-demokrasi-ke-depan?page=all
Tokoh









Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Anies Baswedan, Gibran Rakabuming Raka, Prabowo,
companies YouTube,
ministries MK,
topics Pilpres 2024,
nations Indonesia,
musicclubs APRIL,