Tak Kuat Melibas Tanjakan di Tikungan Slumprit, Truk Muatan Batok Kelapa Terguling

  • 23 April 2024 01:59:46
  • Views: 2

GUNUNGKIDUL - Sebuah truk bermuatan batok kelapa terguling di tikungan Slumprit Jalan Yogya-Wonosari km 17,5 tepatnya di bukit Hargodumilah Kalurahan Patuk Kapanewon Patuk, Gunungkidul, Senin (22/4/2024) sore. Diduga truk nahas tersebut kelebihan muatan.

Truk nampak terguling ke kiri dengan posisi kabin berada ke arah tanjakan sementsra beberapa karung batok kelapa tumpah ke jalan. Truk tersebut terguling memenuhi lajur kiri dari arah Wonosari menuju ke Yogyakarta.

Akibat perisriwa tersebut, arus jalan Jogja-wonosari sempat tersendat. Polisi terpaksa harus melakukan rekayasa lalu lintas dengan sistem buka tutup terutama ketika ada kendaraan besar melintas. Sebab, di tikungan Slumprit ini kendaraan besar bermuatan berat seperti truk ataupun bus harus memiliki ruang cukup untuk melibas tikungan leter S dan menanjak.

Humas Polsek Patuk, Aiptu Purwanto menuturkan, peristiwa tersebut terjadi Senin sore sekira Pukul: 16.15 WIB. Truk naaas yang mengalami Kecelakaan lalulintas Tunggal adalah truck nomor polisi T-9543-TA yang dikemudikan oleh Yoga Saputra (28) warga Klaten Jawa Tengah.

"Truk ini membawa muatan tempurung kelapa. Tapi overload," kata dia, Senin malam.

Sebelum kejadian, lanjut Purwanto, Truck dengan nomor polisi T 9543 TA melaju dari arah Barat / Yogyakarta menuju Timur / Wonosari dengan kecepatan sedang. sesampainya di tkp pada jalan menanjak dan menikung ke kiri Truck bernomor Polisi T 9543 TA muatan batok kelapa/tempurung kelapa bahan arang tidak kuat menanjak.

kemuadian truk tersebut berjalan mundur karena tidak kuat. Untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain, pengemudi memgambil keputusan membanting stir ke kanan dan terbalik ke kiri. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Pengemudi luka ringan dan penumpang tidak ada yang luka. Pintu kabin kiri mengalami penyok," terangnya.

Atas peristiwa ini, pihaknya menghimbau kepada kendaraan berat agar tidak membawa muatan melebihi kapasitas. Karena bisa membahayakan diri sendiri dan kendaraan lainnya. Terlebih jalan Jogja-Wonosari ruas Patuk dikenal dengan tanjakan dan tikungan tajam.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)


Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/04/22/510/2999255/tak-kuat-melibas-tanjakan-di-tikungan-slumprit-truk-muatan-batok-kelapa-terguling
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Polisi,
places DI YOGYAKARTA, JAWA TENGAH,
cities Gunungkidul, Klaten, Yogyakarta,
cases kecelakaan,