Cara Pakai Dua Nomor WhatsApp di Satu HP Secara Mudah

  • 22 April 2024 21:51:04
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Pengguna WhatsApp kini sudah bisa menggunakan dua akun sekaligus di satu handphone (HP). Artinya, pengguna tidak perlu memiliki dua ponsel untuk membuat dua akun yang berbeda. 

“Apa yang lebih baik daripada punya satu akun WhatsApp? Ya, tentu saja punya dua akun,” tulis WhatsApp melalui blog resminya, pada Kamis, 19 Oktober 2023. 

Kemampuan menggunakan dua akun di satu perangkat berlaku untuk ponsel Android. Fitur itu diklaim dapat memudahkan pengguna yang ingin beralih antar-akun, sehingga tidak perlu keluar (logout) dan masuk (login) akun, tidak perlu membawa banyak perangkat, atau khawatir akan berkirim pesan dengan akun yang salah. 

Untuk memanfaatkan fitur tersebut, pengguna perlu menyiapkan nomor ponsel kedua beserta kartu SIM-nya. Pengguna juga bisa menggunakan ponsel yang mendukung multi-SIM atau e-SIM. Berikut langkah-langkahnya.

Cara Pakai Dua Nomor WhatsApp di Satu HPBuka aplikasi WhatsApp di ponsel Android.Tekan ikon tiga titik atau ‘Opsi Lainya’.Pilih opsi ‘Setelan’.Ketuk menu ‘Akun’.Klik opsi ‘Tambahkan akun’.Ketik kembali tombol ‘Tambahkan akun’ dengan simbol tanda tambah ‘+’.Pilih bahasa yang akan digunakan, lalu ketuk tombol ‘Setuju dan lanjutkan’.Pilih kode negara dan masukkan nomor ponsel, lalu klik ‘Lanjutkan’.Ikuti instruksi, termasuk memverifikasi akun dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor kedua akun WhatsApp. 

Pengguna juga bisa membuat dua akun WhatsApp dengan cara berikut:

Buka aplikasi WhatsApp.Pilih ‘Opsi Lainnya’ dengan ikon tiga titik.Tekan menu ‘Pengaturan’.Tekan ikon tanda panah ke bawah atau huruf ‘v’ di sebelah foto profil.Ketuk ‘Tambahkan akun’.Pilih bahasa yang akan digunakan, lalu klik ‘Setuju dan lanjutkan’.Pilih kode negara dan masukkan nomor ponsel kedua, lalu klik ‘Lanjutkan’.Ikuti instruksi untuk memverifikasi akun dengan memasukkan kode yang dikirim ke nomor kedua akun WhatsApp. Cara Hapus Akun WhatsApp

Sementara itu, apabila pengguna ingin menghapus salah satu akun WhatsApp, maka perlu mengetahui langkah-langkah berikut. 

Iklan

Namun, perlu disimak bahwa tindakan menghapus akun tidak dapat dibatalkan, meskipun tidak sengaja. Pengguna juga hanya dapat menghapus dari perangkat utama, bukan dari perangkat tertaut, misalnya di WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop. 

Sebagai informasi, menghapus akun akan menghilangkan akses ke semua perangkat, menghapus riwayat pesan dan data, mengeluarkan akun dari grup, menghapus cadangan di Google Drive, mengeluarkan akun sebagai admin, serta menghapus semua saluran yang dibuat. Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dan meyakinkan diri sebelum menghapus akun. 

Berikut tata cara hapus akun WhatsApp:

Buka aplikasi WhatsApp.Ketuk simbol tiga titik atau ‘Opsi Lainnya’.Pilih menu ‘Setelan’.Ketuk ‘Hapus akun saya’.Masukkan nomor ponsel dalam format internasional lengkap, lalu klik ‘Hapus akun’.Pilih alasan ingin menghapus akun.Klik tombol ‘Hapus akun’. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Cara Download WhatsApp di Laptop dan Keunggulannya


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1859478/cara-pakai-dua-nomor-whatsapp-di-satu-hp-secara-mudah
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, WhatsApp,
products SIM,
places DKI Jakarta,
musicclubs iKON,