Mudik Lebaran 2024, Menko PMK Beri Sejumlah Catatan Penanganan

  • 22 April 2024 19:40:23
  • Views: 2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memberikan sejumlah catatan terkait penanganan arus mudik-balik Lebaran 2024.

Pertama, dia menyoroti perbaikan barrier untuk contraflow agar kejadian di kilometer 58 Tol Jakarta-Cikampek dapat dihindari.

"Pertama, perbaikan barrier untuk contraflow. Tahun depan kita harapkan akan lebih bagus sehingga kejadian di kilometer 58 (Tol Jakarta-Cikampek) itu bisa terhindarkan," ujarnya di Jakarta, Senin, dikutip dari ANTARA.

Selain itu, perhatian juga harus diberikan pada perilaku pemudik, karena usaha pemerintah akan sia-sia jika perilaku tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Dilansir dari ANTARA, catatan kedua adalah pembentukan area istirahat di luar area tol dengan melibatkan pemerintah daerah.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kepadatan di area istirahat dalam tol yang sering menjadi sumber kemacetan. Area ini akan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet darurat, air bersih, dan penambahan lokasi parkir.

Ketiga, pemerintah akan membuka area seluas 10 hektare di Km 97 jalur Tol Jakarta-Merak sebagai zona tunggu.

Pemudik akan ditahan di zona ini sebelum menuju Pelabuhan Merak, sehingga mereka dapat beristirahat sebelum berangkat. Dermaga di Indah Kiat Cilegon juga akan diperbaiki agar dapat mengangkut kendaraan pemudik.

Pemerintah juga akan mempermanenkan fungsi Pelabuhan Panjang Bandar Lampung untuk mengakomodasi pemudik di wilayah Sumatra.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi konsentrasi di Pelabuhan Bakauheni. Untuk penyeberangan wilayah timur, Pelabuhan Jangkar Situbondo akan difungsikan untuk mengakomodasi penyeberangan ke wilayah Lombok, Sumbawa, dan daerah lainnya. (*)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/04/22/mudik-lebaran-2024-menko-pmk-beri-sejumlah-catatan-penanganan/?page=all
Tokoh



Graph