Waduh! Drone Rp8 Juta Rusia Hancurkan Tank M1 Abrams AS Seharga Rp162 Miliar di Ukraina

  • 22 April 2024 18:33:59
  • Views: 2

NEW YORK, iNews.id - Satu per satu tank M1 Abrams buatan Amerika Serikat (AS) yang digunakan Ukraina dalam perang melawan Rusia hancur. Hal yang menyesakkan, tank seharga 10 juta dolar AS atau sekitar Rp162 miliar per unit itu hancur oleh drone kamikaze Rusia senilai 500 dolar (sekitar Rp8,1 juta).

Surat kabar AS The New York Times (NYT) melaporkan, setidaknya lima tank M1 Ambrams yang dipasok AS ke Ukaraina sudah hancur akibat serangan Rusia. Sementara itu tiga unit lainnya mengalami kerusakan sedang. AS menjanjikan total 31 unit tank canggih tersebut ke Ukraina terkait perang melawan Rusia.

"Salah satu simbol kekuatan militer AS yang paling kuat tidak kebal menghadapi serangan semacam itu," demikian laporan NYT, Sabtu (20/4/2024).

Dalam banyak kasus, tank-tank M1 Abrams hancur oleh drone kamikaze first person view (FPV) yang juga akrab disebut amunisi bergentayangan. Drone tersebut berukuran kecil sehingga lincah bermanuver di udara sebelum mencapai sasaran dengan dikendalikan dari jarak jauh.

Menurut laporan NYT, tank-tank tersebut lebih mudah dihancurkan menggunakan drone, di luar perkiraan para pejabat Ukraina serta pakar. Laporan mengungkap, drone Rusia menjadi pembunuh tank-tank Ukraina yang bekerja secara akurat namun murah.

Akurasi drone tersebut melebihi 90 persen. Keunggulannya adalah drone bisa diarahkan untuk menghantam titik lemah kendaraan lapis baja tersebut. Ini berbeda dengan rudal atau artileri yang tak didesain menargetkan titik tertentu. 

"(Drone) Itu hanya seharga 500 dolar, (mampu) menghancurkan tank Abrams senilai 10 juta dolar,” bunyi laporan.

NYT juga mengungkap tidak ada cara yang mudah untuk melindungi tank dari serangan drone.

Satu video yang sempat beredar di media sosial menunjukkan, satu tank Abrams yang berada di lapangan terbuka terkena hantaman drone kamikaze Rusia tanpa ada perlawanan.

Video lain menunjukkan tank M1 Abrams keok melawan tank tempur T-72B3 Rusia.

Tank-tank M1 Abrams mulai digunakan Ukraina di garis depan pertempuran sejak akhir Februari 2024. Sebanyak 31 tank M1 Abrams dijanjikan AS ke Ukraina pada awal 2023. Namun pengiriman baru dilakukan pada pertengahan Oktober.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/waduh-drone-rp8-juta-rusia-hancurkan-tank-m1-abrams-as-seharga-rp162-miliar-di-ukraina
Tokoh



Graph

Extracted

persons Suhartono,
companies Google, The New York Times,
organizations Garis,
products dolar AS,
nations Amerika Serikat, Rusia, Ukraina,
cities New York,