Putusan MK: Tidak Ada Kejanggalan dalam Penyaluran Bansos di Era Pemerintahan Jokowi

  • 22 April 2024 17:20:25
  • Views: 4

SUARAMERDEKA.COM - Mahkamah Konstitusi (MK) mengumumkan bahwa tidak ditemukan adanya kejanggalan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) selama masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Pernyataan ini disampaikan oleh Hakim MK Arsul Sani dalam pembacaan putusan sidang tentang Perselisihan Hasil Pemilu Presiden dan Wakil Presiden pada Senin (22/4/2024) yang disiarkan secara streaming.

Menanggapi dalil yang diajukan oleh kubu Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo mengenai dugaan penyalahgunaan bansos untuk kepentingan politik menjelang Pilpres 2024, Arsul menyatakan bahwa MK tidak menemukan bukti atau kejanggalan yang mendukung klaim tersebut.

Baca Juga: Timnas Indonesia Melaju 8 Besar Piala Asia U23, Erick Thohir: Target Berikutnya Lolos Olimpiade!

Arsul menjelaskan bahwa pelaksanaan anggaran bansos telah diatur dengan jelas dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban.

Selain itu, pelaksanaan bansos yang disalurkan secara sekaligus atau rapel serta yang langsung disalurkan oleh presiden dan menteri merupakan bagian dari siklus anggaran yang telah diatur penggunaan dan pelaksanaannya.

Selain itu, MK juga menyoroti ketiadaan bukti yang memadai dari pihak pemohon.

Baca Juga: Nathan Tjoe A On Kembali ke Klubnya, Usai Bawa Timnas Indonesia Lolos ke Perempat Final Piala Asia U23 2024

Di antaranya seperti hasil survei dan keterangan ahli, yang gagal meyakinkan hakim akan adanya korelasi positif antara bansos dan dukungan pemilih secara faktual.

Putusan MK ini menjadi poin penting dalam menjaga integritas dan transparansi dalam penyaluran bansos di Indonesia, terutama dalam konteks politik yang sensitif.


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/nasional/0412480814/putusan-mk-tidak-ada-kejanggalan-dalam-penyaluran-bansos-di-era-pemerintahan-jokowi?page=all
Tokoh











Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Arsul Sani, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Joko Widodo,
ministries MK,
topics Bantuan Sosial, Pilpres 2024,
events Olimpiade,
nations Indonesia,