Israel Akan Panggil Dubes Negara-Negara yang Dukung Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

  • 22 April 2024 15:26:21
  • Views: 12

TEL AVIV, iNews.id - Israel akan memanggil duta besar (dubes) dari negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB yang mendukung resolusi keanggotaan penuh Palestina. Dewan Keamanan PBB gagal mengadopsi resolusi soal keanggotaan penuh Palestina setelah diveto Amerika Serikat (AS) dalam voting pada Kamis (18/4/2024).

Sebanyak 12 anggota mendukung resolusi tersebut, sementara dua lainnya, Inggris dan Swiss, memilih abstain. Hanya AS yang menolak sekaligus membatalkan resolusi karena menggunakan hak vetonya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Israel Oren Marmorstein mengatakan akan memanggil para dubes pada Senin (21/4/2024).

"Akan memanggil duta besar negara-negara yang memberikan suara di Dewan Keamanan untuk meningkatkan status Palestina di PBB, guna menyampaikan protes," kata Marmorstein, dalam posting-an di media sosial X, dikutip dari AFP, Minggu (21/4/2024).

Dia menyebutkan dubes negara-negara yang akan dipanggil pada Senin besok adalah Prancis, Jepang, Korea Selatan, Malta, Republik Slovakia, dan Ekuador. Protes serupa akan disampaikan kepada negara-negara anggota Dewan Keamanan lainnya.

“Pesan jelas yang akan disampaikan kepada para duta besar: Sebuah isyarat politik kepada Palestina dan seruan untuk mengakui negara Palestina- enam bulan setelah pembantaian 7 Oktober- adalah hadiah bagi terorisme,” ujarnya.

Dewan Keamanan PBB beranggotakan 15 negara, dengan perincian 5 anggota tetap dan 10 tidak tetap yang diganti setiap tahun sekali.

Draf resolusi tersebut menyerukan rekomendasi kepada Majelis Umum agar Negara Palestina diterima menjadi anggota PBB, menggantikan status sebelumnya sebagai pengamat non-anggota. Status tersebut disandang Palestina sejak 2012.

Sebanyak 137 dari 193 negara anggota Majelis Umum PBB mengakui negara Palestina, demikian data yang dimiliki perwakilan Palestina di PBB.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:


Sumber: https://www.inews.id/news/internasional/israel-akan-panggil-dubes-negara-negara-yang-dukung-keanggotaan-penuh-palestina-di-pbb
Tokoh



Graph

Extracted

persons Suhartono,
companies Google,
ministries Kementerian Luar Negeri, Kemlu,
parties PBB,
nations Amerika Serikat, Ekuador, Inggris, Israel, Jepang, Korea Selatan, Malta, Palestina, Prancis, Swiss,
cities Tel Aviv,