Luhut Bilang China Bersedia Kembangkan Pertanian di Kalteng, Ferdinand: Masak Harus Mendatangkan China?

  • 22 April 2024 14:29:27
  • Views: 2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ferdinand Hutahean, memberikan reaksi tajam terhadap kesediaan China untuk mengembangkan sektor pertanian di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Seperti diketahui, Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan bahwa China menyatakan kesiapannya untuk berinvestasi dalam pengembangan pertanian di Kalteng.

Menanggapi hal tersebut, Ferdinand menyebutnya sebagai sesuatu yang tidak waras.

"Gila!," kata Ferdinand dalam keterangannya di aplikasi X @ferdinand_mpu (22/4/2024).

Menurutnya, bertani adalah pekerjaan yang telah dilakukan secara turun-temurun sejak zaman dahulu.

"Bertani adalah pekerjaan yg sdh dilakukan turun temurun sejak bumi ini ada," cetusnya.

Ferdinand juga mengungkapkan ketidakpercayaannya terhadap kemungkinan Indonesia memberikan izin kepada China untuk mengelola sektor pertanian di negara ini.

"Masa hanya untuk bertani di Kalimantan harus mendatangkan Cina?," tandasnya.

Sebelumnya, Luhut mengumumkan bahwa China bersedia untuk mengembangkan sektor pertanian di Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan memberikan teknologi padi.

Proyek ini dijadwalkan akan dimulai pada bulan Oktober 2024.

Kesepakatan ini merupakan hasil dari Pertemuan Ke-4 High Level Dialogue and Cooperation Mechanism (HDCM) antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat, 19 April 2024.

Luhut menegaskan bahwa langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Indonesia adalah mencari mitra lokal untuk bekerja sama dalam mengembangkan sektor pertanian di negara ini.

(Muhsin/fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/04/22/luhut-bilang-china-bersedia-kembangkan-pertanian-di-kalteng-ferdinand-masak-harus-mendatangkan-china/?page=all
Tokoh



Graph