Begini Reaksi Anies-Cak Imin di Sidang Putusan MK soal Sengketa Pilpres

  • 22 April 2024 11:27:38
  • Views: 2

Jakarta -

Capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menghadiri langsung sidang pembacaan putusan MK soal sengketa Pilpres 2024. Anies sesekali tersenyum dan menganggukkan kepalanya dalam sidang ini.

Momen itu terjadi saat Hakim Konstitusi Arsul Sani membacakan jawaban MK terhadap dalil-dalil Anies-Muhaimin selaku pemohon. Sidang digelar di gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Dalam sidang itu, MK menyinggung kelak diperlukan metode ilmiah seperti ekonometrika dan survei sebagai alat bukti dalam peradilan PHPU. Hal itu sebagaimana metode kedokteran dan fisika yang telah banyak berperan dalam scientific crime investigation dan peradilan pidana pada umumnya.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Anies pun lalu terlihat tersenyum saat mendengarkan hal tersebut. Anies juga tampak menganggukkan kepalanya.

"Namun demikian, terhadap dalil pemohon yang mengaitkan bansos dengan pilihan pemilih, Mahkamah tidak meyakini adanya hubungan kausalitas atau relevansi antara penyaluran bansos dengan peningkatan perolehan suara salah satu pasangan calon," kata Arsul.

"Menurut Mahkamah tidak terdapat alat bukti yang secara empiris menunjukkan bahwa bansos nyata-nyata telah mempengaruhi atau mengarahkan secara paksa pilihan pemilih," sambungnya.

Sejurus kemudian, Anies yang sedang tersenyum lalu terlihat berdiskusi dengan Cak Imin. Anies dan Muhaimin terlihat berbincang. Kemudian, Anies juga terlihat menunjukkan catatannya kepada Muhaimin.

Kembali ke Arsul, Hakim Konstitusi ini kemudian menyinggung jika Pemilu bukan kompetisi yang seimbang. Sebab, menurut MK, akan selalu ada kandidat yang diuntungkan dengan status sebagai petahana atau kandidat yang citranya melekat dengan petahana.

(amw/gbr)
Sumber: https://news.detik.com/pemilu/d-7303960/begini-reaksi-anies-cak-imin-di-sidang-putusan-mk-soal-sengketa-pilpres
Tokoh







Graph

Extracted

persons Abdul Muhaimin Iskandar, Anies Baswedan, Arsul Sani,
ministries MK,
topics Bantuan Sosial, Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,