Patung Garuda IKN dengan 4.661 Bilah Selubung Tuntas Dibangun, HUT RI ke 79 Siap Dipusatkan di Ibu Kota Baru

  • 22 April 2024 08:20:27
  • Views: 3

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Upacara Hari Ulang Tahun atau HUT ke 79 Republik Indonesia (RI) pada bulan Agustus 2024 mendatang direncanakan akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Perayaan HUT ke 79 RI di IKN Nusantara Kalimantan Timur ini menjadi momen sakral setelah sebelumnya dirayakan di Istana Jakarta.

Patung Garuda IKN dengan 4.661 bilah selubung akhirnya telah rampung dikerjakan atau tuntas.

Hal itu juga menandakan perayaan upacara HUT RI ke 79 dengan selesainya beragam proyek infrastruktur yang dibangun siap dipusatkan di Ibu Kota Baru atau IKN Nusantara.

Adapun, Patung Garuda dengan satu selubungnya memiliki berat 0,3 ton dan bobot total 1.398,3 ton.

Pengiriman terakhir Bilah Selubung Sayap Garuda untuk Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah berhasil dilakukan pada Rabu 17 April 2024.

Baca Juga: Usai Bebas Bui, Bharada E Resmi Pindah Agama dan Punya Jabatan Baru Demi Nikahi Sang Kekasih, Kembali ke Polri?

Sebelumnya di tahun 2023, PosIND telah melakukan pengiriman pertama sebanyak 80 bilah sayap garuda.

Pengiriman ini ditujukan ke IKN di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur melalui jalur laut dari lokakarya PT Siluet Nyoman Nuarta di NuArt Sculpture Park Bandung.

Proses pengiriman ini menandai penyelesaian pengiriman bilah selubung yang telah dimulai sejak tahun 2023.

Presiden Direktur PT Siluet Nyoman Nuarta, Nyoman Nuarta, menyebutkan bahwa pengiriman terakhir ini merupakan tonggak penyelesaian proyek besar tersebut.

"Hal ini sekaligus menunjukkan komitmen kuat terhadap pembangunan IKN sebagai pusat pemerintahan baru Indonesia,” kata Nyoman disadur AyoBandung dari YouTube Kompas pada Minggu, 21 April 2024.

Nyoman menjelaskan bahwa pengiriman bilah sayap garuda bukanlah pekerjaan ringan, mengingat bentang sayap burung garuda yang raksasa dengan panjang 177 meter dan tinggi 77 meter.

Baca Juga: Ini Dia Deretan Kegiatan Masyarakat yang Dilakukan di Rumah Joglo Anies Baswedan, Ada Posyandu sampai Nikahan!

Bilah sayap tersebut terbuat dari kuningan dan baja anti korosi produksi PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, yang memiliki bobot berat dan memerlukan pengangkutan yang tepat.

Saat ini, sebagian besar bilah-bilah yang menyelubungi Istana Presiden telah terpasang, membentuk kepak sayap burung garuda yang siap untuk mewakili visi Indonesia Emas 2045.

Pengiriman terakhir ini disambut dengan syukuran bersama PosIND, mitra PT Siluet Nyoman Nuarta dalam pengiriman bilah selubung sayap garuda dan material pendukungnya ke IKN.

Nyoman mengakhiri dengan penyelesaian pengiriman terakhir bilah sayap garuda mampu memberikan dampak yang progresif bagi pembangunan IKN.

Ia berharap proyek di IKN dapat terwujud dan memberi manfaat bagi masyarakat Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan progres pembangunan IKN Nusantara mengalami kemajuan.

Baca Juga: Diisukan Bakal Diambil Alih, Rumah Joglo Anies Baswedan Ternyata Berhubungan dengan Pangeran Diponegoro? Ini Penjelasannya

Orang nomor satu di Tanah Air itu pun yakin HUT RI ke 79 yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2024 dapat dipusatkan di Ibu Kota Baru IKN Nusantara.

Warganet pun turut antusias dan yakin bahwa pengiriman Bilah Selubung Garuda Istana Presiden di IKN Nusantara tuntas.

"Mau orang hujat gimanapun aku tetap bangga sama IKN. IKN murni karya terbaik anak bangsa," kata @muhammadmaulidy.

"OK GASSS...terbanglah NKRI menuju Indonesia emas, terima kasih Pak Nyoman Nuarta," ujar @krisyantowibowo

"Alhamdulillah," ucap netizen lainnya.


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912472492/patung-garuda-ikn-dengan-4661-bilah-selubung-tuntas-dibangun-hut-ri-ke-79-siap-dipusatkan-di-ibu-kota-baru?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Anies Baswedan, Joko Widodo,
companies YouTube,
bumns Garuda Indonesia, PT Krakatau Steel,
products emas,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN, KALIMANTAN TIMUR,
cities bandung, Joglo,
musicclubs APRIL,