Hotel Tertua di Bandung Sudah Dibangun Sejak 1880, Gak Nyangka Namanya Diambil dari Orang Jerman, Bisa Tebak?

  • 22 April 2024 04:08:45
  • Views: 1

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Inilah hotel tertua di Bandung yang mengukir sejarah cukup panjang. Uniknya, nama yang digunakan ternyata mengalami perubahan yang pada akhirnya mengambil dari seorang warga asal Jerman.

Masih berdiri dan beroperasi hingga sekarang, hotel tertua di Bandung ini telah dibangun sejak tahun 1880 dan kini menjadi salah satu warisan budaya dan arsitektur.

Bahkan selain namanya yang berubah-ubah, gaya bangunan hotel ini juga kerap berubah berkali-kali dan berubah fungsi juga selain akhirnya menjadi sebuah hotel.

Hotel tertua di Bandung ini terleka di Jalan Asia Afrika No 112, Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat. Mengingat kawasan ini memang banyak dilintasi oleh para pengunjung.

Mengutip dari laman bandung.go.id, Hotel tertua ini telah dibangun sejak tahun 1880 dan bangunannya dibangun oleh seorang warga negara asal Jerman.

Baca Juga: Anies Beri Tanggapan Jelang Keputusan Sengketa Pilpres 2024 di MK Besok, Netizen: Kalau Kalah Janji Ya Dihormati

Mengingat nama hotel ini diambil dari warga asal Jerman yang bernama A. Homann. Sehingga pemberian nama hotel ini diambil dari nama tersebut dan kini telah bernama Hotel Savoy Homann.

Awalnya, hotel ini bernama Hotel Pos Road dengan gaya bangunan baroq. Setelah tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 1883 gaya bangunan berubah menjadi arsitektur art nouveau.

Tidak berhenti di sana, tahun 1910 hotel ini kembali dibongkar dengan dengan gaya baru yaitu arsitektur gothic revival dan tahun 1938 kembali berubah gaya menjadi international style modern (nieuw bouwen).

Namun atas permintaan dari Dewan Kota Bandung, pembangunan ulang telah dilakukan oleh arsitek bernama A.F. Aalbers dengan membuta konsep gedung baru yang lebih modern.

Namun pada tahun 1942 hingga 1948 bangunan hotel ini dialihfungsikan. Adapun pada tahun 1942-1945 difungsikan menjadi wisma Jepang.

Baca Juga: Diisukan Akan Disita Pemkab Ponorogo, Rumah Joglo Anies Baswedan Ternyata Punya Beragam Keunikan ini!

Sedangkan pada tahun 1945-1948 difungsikan menjadi wisma PMI. Tetapi pada tahun 1949 kembali difungsikan menjadi hotel seperti semula.

Bahkan pada tahun 1955 saat dilaksanakan Konferensi Asia-Afrika, hotel ini difungsikan menjadi tempat menginap para kepala negara.

Pada saat itu juga Hotel Savoy Homann juga dikelola oleh pengelola Hotel Des Indes di Jakarta yaitu Fr. J. van Es.

Itulah hotel tertua di Bandung yang bernama Hotel Savoy Homann yang telah dibangun sejak tahun 1880 silam.***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912472651/hotel-tertua-di-bandung-sudah-dibangun-sejak-1880-gak-nyangka-namanya-diambil-dari-orang-jerman-bisa-tebak?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Anies Baswedan,
ministries MK,
ngos PMI,
topics Pilpres 2024,
nations Jepang, Jerman,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, JAWA TIMUR,
cities bandung, Joglo, Ponorogo,