Tingkat Kepercayaan ke MK Mulai Pulih, KPK Melorot

  • 21 April 2024 16:08:08
  • Views: 5

Jakarta -

Lembaga Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru periode 4-5 April 2024. Dalam temuannya, Indikator mengatakan bila tingkat kepercayaan publik kepada Mahkamah Konstitusi (MK) kembali pulih.

Adapun survei ini dilakukan kepada 1.201 responden melalui metode Random Digit Dialing (RDD). Target populasi survei ini ialah warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 83% dari total populasi nasional.

Margin of error survei diperkirakan ± 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%, asumsi simple random sampling. Dikatakan wawancara melalui telepon oleh pewawancara yang dilatih.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau kita lihat di sini ini polanya (metode telepon) tidak begitu berbeda, terutama di top 3, jadi biasanya tatap muka menemukan hal yang sama TNI paling dipercaya. Kemudian kepercayaan kepada institusi presiden itu second most trusted institution," kata Direktur Indikator Politik Burhanudin Muhtadi dalam jumpa pers yang disiarkan melalui akun YouTubenya, Minggu (21/4/2024).

Burhanudin menyebut Kejaksaan berada di peringkat ketiga dan pertama di antara lembaga penegak hukum. Kepercayaan kepada Kejaksaan 74,7%.

"Nah yang menarik adalah Mahkamah Konstitusi, nanti kita tampilkan datanya. Mulai pulih, tingkat trust terhadap MK, trust terhadap MK sempat anjlok di Oktober. Pengadilan diperingkat kelima, kemudian Polri, selisihnya tipis-tipis ya dalam margin of error," katanya.

Ia mengatakan untuk KPK masih mengalami penurunan kepercayaan. Ia membandingkan perolehan KPK melorot terus menerus.

"KPK masih belum pulih, KPK Ini masih belum pulih ya, kita pernah merilis berkali-kali, bertahun-tahun KPK adalah the second most trusted institution ya, biasanya hanya kalah dibanding TNI, tetapi beberapa waktu terakhir KPK tingkat kepercayaannya melorot ya dan agak berbeda dengan MK," ujar Burhanudin.

"MK sudah mulai pulih, KPK belum menunjukkan tanda-tanda recovery, dan ini ironis ya KPK hanya unggul dibanding trust publik terhadap DPR dan partai politik. Kalau Parpol sama DPR saya nggak perlu jelaskan ya bapak ibu ya, ha-ha-ha karena nggak pernah naik-naik trust-nya di mata publik," imbuhnya.

Berikut trust terhadap institusi versi Indikator Politik:

1. TNI (92,6%)
2. Presiden (85,1%)
3. Kejaksaan Agung (74,7%)
4. Mahkamah Konstitusi (72,5%)
5. Pengadilan (71,1%)
6. Polri (70,6%)
7. KPK (62,1%)
8. DPR (55,9%)
9. Partai politik (51,3%)

(dwr/lir)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7302976/survei-indikator-tingkat-kepercayaan-ke-mk-mulai-pulih-kpk-melorot
Tokoh



Graph

Extracted

persons Burhanuddin Muhtadi,
ministries DPR RI, Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung, KPK, MK, TNI,
ngos Indikator Politik Indonesia,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,