Ramai Penipuan Tilang ETLE Lewat WhatsApp, Ternyata Begini yang Asli

  • 21 April 2024 14:35:25
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya meminta masyarakat untuk berhati-hati dengan modus penipuan berkedok surat tilang elektronik atau ETLE yang dikirim melalui pesan WhatsApp.

Pasalnya, pihak kepolisian tidak pernah mengirimkan surat tilang ETLE melalui pesan WhatsApp dalam format APK.

"Waspada modus penipuan. Ditlantas Polda Metro Jaya tidak mengirimkan surat tilang digital konfirmasi e-TLE melalui nomor WhatsApp dengan format APK," tulis keterangan akun TMC Polda Metro Jaya, dikutip pada Sabtu, 20 April 2024.

Baca Juga: Ganjil-Genap Tol Japek-Kalikangkung Mulai Berlaku, Pelanggar Lalin Siap-siap Kena Tilang

Adapun surat tilang ETLE hanya dikirimkan melalui surat pos ke alamat yang tertera dalam surat-surat kendaraan.

"Hanya mengirimkan surat konfirmasi resmi melalui PT Pos Indonesia sesuai alamat tujuan," lanjutnya.

Maka dari itu, masyarakat diminta untuk berhati-hati saat menerima surat tilang yang dikirim melalui pesan WhatsApp dalam format APK.

Sebaiknya, masyarakat tidak gegabah dalam membuka pesan dan melakuakn pengecekan ulang di situs resmi ETLE.

"Diimbau bagi masyarakat agar jangan mudah membuka file apabila mendapat kiriman tersebut. Segera lakukan pengecekan melalui situs website resmi e-TLE," katanya.

Pelanggar ETLE Naik saat Mudik Lebaran 2024

Selama momen mudik Lebaran 2024, pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan pada 2023. Total pelanggaran yang ditindak pun naik sebesar 15,9 persen.

"Dari data kami itu, ETLE statis itu hampir naik 91 persen dibanding tahun lalu, kemudian ETLE mobile naik 13 persen," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso, dikutip dari laman resmi Polri pada Sabtu, 20 April 2024.

Peningkatan ini sejalan dengan perluasan kamera ETLE yang kini sudah tersebar di sejumlah kota dan provisi se-Indonesia.

"Peralatan ETLE kami tahun ini sudah semakin banyak, hampir di tiap kota sudah ada, di setiap provinsi sudah ada," ucapnya.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017987515/ramai-penipuan-tilang-etle-lewat-whatsapp-ternyata-begini-yang-asli?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies WhatsApp,
ministries Polda Metro Jaya, Polisi,
bumns PT Pos Indonesia,
topics kamera ETLE, Mudik, tilang elektronik,
nations Indonesia,
musicclubs APRIL,