Fanatisme Suporter Indonesia Membuat Media Asing Heran, Kenapa

  • 21 April 2024 14:00:46
  • Views: 3

Fanatisme suporter Indonesia saat dukung Timnas U-19(Antara)

FANATISME suporter Indonesia sangat luar biasa dan telah menarik perhatian media asing. Pasalnya, suporter timnas Indonesia menjadi sorotan karena kegigihan dan semangatnya yang tak tergoyahkan.

Hal tersebut dapat dirasakan saat Timnas Indonesia mengikuti Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad Qatar. Saat itu, timnas Indonesia melakukan pertandingan melawan Qatar sebagai tuan rumah dan dihadiri oleh ribuan suporter Indonesia.

Pada laga pertama, Timnas U-23 Indonesia kalah dari Qatar yang penuh dengan kontroversi sang wasit. Meski kalah 2-0, ribuan suporter Indonesia tetap semangat menyemangati Skuad Garuda dan meneriakkan yel-yel kebanggaan.

Baca juga : STY Wajib Loloskan Timnas U-23 ke Delapan Besar Piala Asia

Antusiasme para penggemar yang terus berlanjut membuat media asing terheran-heran. Pasalnya, suporter Indonesia menjadi satu-satunya suporter yang paling ramai di Qatar. Sehingga, hal tersebut membuat media asing meliput antusiasme suporter Indonesia karena kagum dengan aksi fans Garuda yang memiliki semangat tinggi dalam mensupport tim kebanggaan.

Dilansir dari YouTube Sport Chanel, para suporter memberikan teriakan yel yel yang berbunyi, "Buat apa wasit, buat apa wasit, wasit itu tak ada gunanya." 
 
Sementara itu, fanatisme suporter Indonesia sebelumnya sudah pernah diulas oleh media asing Fox Sports Asia. Fox Sports Asia adalah saluran TV berbayar olahraga 24 jam di Asia yang dimiliki oleh Fox Networks Group.

Mereka mengagumi aksi para fans Garuda mulai dari perjalanan menuju stadion hingga laga usai saat menyaksikan Garuda Nusantara berlaga pada ajang Piala Asia U-19, 2018 lalu. Bahkan, Fox Sports Asia menyebut suporter Indonesia sebagai “katalis” yang menginspirasi.

Baca juga : Erick Thohir Minta Suporter Beri Dukungan Maksimal untuk Timnas

Jika diartikan, bahwa dukungan suporter Indonesia mampu menciptakan perubahan yang besar terhadap jalannya sebuah pertandingan.

Sekadar Informasi, pada ajang Piala Asia U-19 2018, Garuda Nusantara alias Timnas U-19 berhasil mengalahkan Uni Emirat Arab (UEA) dengan skor 1-0. Kemenangan melawan UEA turut mengantarkan Indonesia ke babak selanjutnya dan menempatkan mereka di peringkat kedua Grup A. 

Keberhasilan tersebut sekaligus menandai pertama kalinya dalam 40 tahun terakhir Timnas Indonesia sukses lolos dari fase grup. (Z-10)


Sumber: https://mediaindonesia.com/sepak-bola/666198/fanatisme-suporter-indonesia-membuat-media-asing-heran-kenapa
Tokoh

Graph

Extracted

companies YouTube,
ministries BIN,
bumns Garuda Indonesia,
nations Indonesia, Qatar, Uni Emirat Arab,
brands Chanel,