Link dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 66, Lengkap dengan Syaratnya

  • 21 April 2024 05:22:41
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 66 sudah dibuka mulai Jumat, 19 April 2024 dan akan berlangsung sampai Senin, 22 April 2024, pukul 23.59 WIB.

Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK, dan pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. 

Berikut merupakan link dan cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 66;

Link dan Cara Daftar  Kunjungi https://www.prakerja.go.id/.  Buat akun Prakerja dengan masukkan email dan password akun untuk bisa mendaftar Kartu Prakerja. Isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik Lanjut. Verifikasi foto e-KTP. Verifikasi dengan cara scan (pindai) wajah sambil berkedip. Jawab pertanyaan mengenai alasan ikut Kartu Prakerja. Isi pertanyaan mengenai minat dan keterampilan pelatihan. Verifikasi nomor handphone.  Masukkan enam digit kode OTP. Klik Kirim OTP. Isi pernyataan pendaftar. Kerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD)/Soal Kemampuan Belajar (SKB).  Kemudian, pilih gelombang yang tersedia di dashboard dan gabung gelombang Pendaftaran selesai. Tunggu pengumuman hasil seleksinya.

Jika dinyatakan lolos seleksi, dan berhak mendapatkan Kartu Prakerja, maka peserta harus melakukan sejumlah hal berikut ini;

Gunakan saldo pelatihan sebesar Rp 3,5 juta. Pilih pelatihan yang diinginkan dan bayar dengan nomor Kartu Prakerja. Pastikan rekening bank/e-wallet sudah tersambung sebelum membeli pelatihan. Kerjakan pre-test dan post-test, selesaikan pelatihan dan dapatkan sertifikat. Berikan rating dan ulasan terhadap pelatihan yang telah sudah diselesaikan. Jika  menyelesaikan seluruh rangkaian pelatihan dan pengisian surveyi, maka insentif pun akan disalurkan melalui rekening bank/e-wallet terdaftar. Jawab 2 survei evaluasi di dashboard Prakerja dan dapatkan insentif Rp.50.000 untuk setiap survei.

 

Syarat Daftar

Perlu diperhatikan bahwa tak semua orang bisa mendaftarkan diri dalam Kartu Prakerja Gelombang 66 tersebut. Berikut merupakan syarat lengkap pendaftaran Kartu Prakerja;

WNI berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun. Tidak sedang menempuh pendidikan formal. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Itu lah informasi mengenai cara dan syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 66.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017987723/link-dan-cara-daftar-kartu-prakerja-gelombang-66-lengkap-dengan-syaratnya?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

ministries ASN, DPRD, TNI,
bumns BUMD,
topics Buruh, Kartu Prakerja, Prakerja,
products Kartu Pra Kerja, KTP,
cases PHK,
musicclubs APRIL,