5 Minuman Terbaik untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi, Manis Segar dan Menyehatkan

  • 21 April 2024 03:20:43
  • Views: 5

PIKIRAN RAKYAT - Kondisi tekanan darah tinggi, atau hipertensi terjadi ketika saat kekuatan darah terhadap dinding arteri terlalu besar.

Secara tidak sadar bahwa tekanan darah tinggi bisa menjadi pembunuh diam-diam yang akan merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah kesehatan pada tubuh.

Diketahui bahwa tekanan darah tinggi disebabkan karena beberapa faktor seperti gaya hidup, genetika, ras, usia, jenis kelamin, dan kondisi medis. Penyakit ini bisa berujung pada kondisi yang lebih parah seperti serangan jantung dan stroke.

Untuk mengatasinya, ada beberapa minuman sehat namun tetap enak dan segar yang bisa dikonsumi saat Kamu mengalami tekanan darah tinggi. Simak daftarnya di bawah ini.

Baca Juga: Studi: Menelepon Terlalu Lama Picu Tekanan Darah Tinggi

1. Jus apel

Penelitian menunjukkan bahwa minum jus apel dalam jumlah sedang akan berdampak bagus terhadap kesehatan jantung, karena mengandung senyawa bermanfaat tingkat tinggi, termasuk antioksidan dan polifenol.

Kandungan ini bisa membantu mengurangi kolesterol dan peradangan di dalam pembuluh darah. Karena kolesterol tinggi dan hipertensi berkaitan erat, maka masuk akal jika menurunkan salah satu kolesterol dapat menurunkan kolesterol lainnya.

Baca Juga: Di Tengah Masalah KDRT, Ferry Irawan Curhat Alami Tekanan Darah Tinggi kepada Sunan Kalijaga

2. Jus bit

Buah-buahan dan sayur-sayuran seperti bit berwarna ini rendah kalori, tinggi vitamin seperti vitamin C, dan mengandung nitrat, yang menurut penelitian dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik secara signifikan.

3. Susu low fat atau no fat

Minuman ini mengandung nutrisi seperi potasium, kalsium, dan magnesium yang memiliki peran penting dalam kepadatan mineral tulang dan menjaga tekanan darah yang sehat.

Baca Juga: Mengenal Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi: Penyebab, Gejala, Cara Mengobati

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum susu rendah lemak selama beberapa minggu memiliki efek menurunkan tekanan darah pada orang dewasa paruh baya dan kelebihan berat badan.

4. Jus delima

Delima merupakan buah yang banyak mengandung nutrisi, tinggi serat, penuh antioksidan dan, seperti susu, potasium. Jus delima tidak hanya enak, tetapi meminumnya juga dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat.

Baca Juga: Daftar 11 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengontrol Tekanan Darah

5. Air putih

Banyak orang lanjut usia yang kehilangan rasa haus hingga mengalami dehidrasi. Jika Kamu mengalami dehidrasi yang menyebabkan tekanan darah meningkat, minumlah air putih atau cairan ion apa pun dapat membantu tubuh terhidrasi dan mengembalikan tekanan darah ke kisaran normal.

Di sisi lain, jika tekanan darah rendah karena alasan apa pun, minum lebih banyak air justru dapat meningkatkannya.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017987929/5-minuman-terbaik-untuk-penderita-tekanan-darah-tinggi-manis-segar-dan-menyehatkan?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ferry Irawan,
topics stroke, tekanan darah tinggi,
products lemak, vitamin, vitamin C,