Manfaat Senam Otak dan Enam Gerakan Dasarnya

  • 20 April 2024 23:50:27
  • Views: 2

SENAM otak penting dilakukan sama seperti senam tubuh keseluruhan. Banyak manfaat yang kita peroleh dengan melakukan senam otak. Apa saja manfaatnya?

Manfaat senam otak

1. Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
2. Meningkatkan refleks dan koordinasi tubuh
3. Meningkatkan kemampuan belajar
4. Menyeimbangkan tubuh dan pikiran
5. Menyeimbangkan otak kanan dan kiri
6. Mencegah penyakit lupa (amnesia, demensia, alzheimer)

Baca juga: Lompat Tinggi dari Sejarah hingga Teknik Dasar

Berbagai gerakan senam otak bisa dimulai dengan gerakan dasar seperti gerakan variatif pada tangan. Gerakan tangan kanan dan kiri secara bersamaan terus menerus dengan bentuk berbeda dapat melatih kolaborasi otak dan tetap membuat otak beraktivitas.

Empat gerakan dasar senam otak

1. Gerakan pertama.

Kepal tangan kanan tetapi tangan kiri dibuka. Setelah itu, dibalik. Tangan kiri dikepal dan tangan kanan dibuka. Lakukan ini gerakan tersebut secara perlahan.

2. Gerakan kedua. 

Pada gerakan kedua, tangan kanan dikepal kecuali ibu jari dibuka dan tangan kiri dikepal dengan membuka kelingking. Setelah itu dibalik. Tangan kanan dikepal kecuali jari kelingking dibuka dan tangan kiri dikepal dengan membuka ibu jari. Ulangi gerakan keduanya terus menerus.

Baca juga: Peregangan Turunkan Hipertensi Lebih Baik daripada Berjalan

3. Gerakan ketiga. 

Tangan kanan membentuk huruf V atau peace dan tangan kiri membentuk seperti pistol atau tangan dikepal kecuali ibu jari dan telunjuk yang mengarah ke tangan kanan. Setelah itu, gerakan sebaliknya untuk tangan yang lain. Ulangi terus gerakan tersebut.

4. Gerakan keempat.

Tangan kanan menunjuk seperti angka 1 dan tangan kiri dibuka seperti angka lima. Setelah itu, gerakan dibalik untuk tangan yang lain. Ulangi gerakan itu secara bergantian tangan kanan dan kiri.

Baca juga: Guling Lenting Adalah Pengertian, Gerakan, Manfaat, dan Cara Melakukannya

5. Gerakan kelima.

Jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan dan tangan kiri dipertemukan. Setelah itu, angkat dua telunjuk sambil menempel ke atas tetapi kedua ibu jari tetap. Lalu telunjuk tangan kanan tempelkan ke ibu jari tangan kiri sambil telunjuk tangan kiri dinaikkan ke atas. Ulangi lagi gerakan itu untuk tangan berlawanan.  

6. Gerakan keenam.

Kepal tangan kanan lalu ayunkan berputar ke arah dalam badan. Kepal tangan kiri lalu ayunkan berputar ke arah luar badan. Ulangi gerakan ini dengan mengganti tangan yang lain. 

Baca juga: Dua Cara Ampuh Hilangkan Mata Panda dengan Olahraga Muka

Lakukan semua gerakan secara perlahan terlebih dulu. Kalau sudah lancar, boleh gerakan itu dipercepat. Lebih jelasnya, silakan tonton video dari Youtube kanal Hypnocare Indonesia. (OL-14)


Sumber: https://mediaindonesia.com/humaniora/512425/manfaat-senam-otak-dan-enam-gerakan-dasarnya
Tokoh

Graph

Extracted

companies YouTube,
nations Indonesia,