Kenaikan Trafik Data XL Axiata di Jateng DIY Capai 29 Persen, Ternyata Layanan Ini Paling Mendominasi

  • 21 April 2024 01:35:26
  • Views: 3

SEMARANG, suaramerdeka.com- Sepanjang masa libur Ramadhan dan Lebaran 2024 mulai 4-14 April, XL Axiata mencatat kenaikan trafik layanan data di Jateng DIY.

Kenaikan trafik layanan data di Jateng DIY ini mencapai 29 persen dibandingkan hari normal sebelum Ramadhan.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, lonjakan trafik tertinggi terjadi di Kebumen Jawa Tengah mencapai 68 persen.

Baca Juga: Bekas Rumah Istri Keempat Presiden RI Pertama di Salatiga Jadi Kisah Sayur Lodeh dan Kesengsemnya Bung Karno dan Hartini

Lonjakan trafik tersebut tidak terlepas dari antusiasme masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

"Kami sudah jauh hari melakukan menyiapkan jaringan dari semua aspek, termasuk berbagai langkah antisipasi yang diperlukan. Tim jaringan, termasuk yang di lapangan, juga bersiaga full time selama masa krusial kemarin agar bisa segera bergerak jika ada problem," ujar Gede.

Baca Juga: Berwisata ke Pantai Pening Kendal, Jangan Lewatkan Singgah ke Sumur Keramat Ini

Ditambahkan, pada masa liburan kali ini terjadi kenaikan trafik data yang cukup signifikan di mana akses ke layanan streaming video melalui media sosial juga cukup tinggi.

Kenaikan trafik secara keseluruhan mencapai lebih dari 16 persen. Selain itu, kami juga bisa melihat data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis.

Group Head Central Region XL Axiata, Arif Farhan Budiyanto menambahkan, kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Tengah dan DIY ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran.

Baca Juga: Cek Prakiraan Cuaca Berbasis Dampak Hujan Lebat 21-22 April 2024, Berikut 12 Wilayah Jateng dalam Kategori Waspada

Sepanjang masa libur kemarin kami juga mampu menjaga kualitas jaringan. Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan.”

Kenaikan trafik XL Axiata tertinggi di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta selama periode Lebaran 2024 terjadi di wilayah ini.

Seperti Kebumen, Purworejo, Grobogan, Wonogiri, Cilacap, Pemalang, Brebes, Tegal Gunung Kidul dan Klaten.

Baca Juga: Red Sparks Menang 3-2 atas Indonesia All Star, Sahabat Megawati Hangestri Tak Tampil, Giovanna Milana Beri Penjelasan

Sejumlah lokasi tujuan wisata populer di Jawa Tengah dan DIY juga mengalami kenaikan trafik antara 32 persen hingga 334 persen seiring dengan bertambah ramainya pengunjung di sepanjang libur Lebaran.

Demikian pula di sejumlah bandar udara dan pelabuhan kapal laut, juga mengalami kenaikan antara 12 persen hingga 64 persen.

Kenaikan trafik juga terjadi sepanjang Tol Trans Jawa yang telah menjangkau sejumlah kota, yaitu secara rata-rata mengalami kenaikan trafik hingga 167 persen.

Gede menambahkan, selama periode Ramadan dan Lebaran, trafik layanan didominasi oleh streaming yang mencapai 59 persen, disusul oleh web browsing sebesar 18 persen dan media sosial 15 persen.

Pada layanan streaming ini, sejumlah aplikasi mengalami kenaikan trafik pemakaian yang signifikan, seperti layanan berbasis gim mengalami kenaikan trafik rata-rata hingga 135 persen, YouTube naik 17 persen, TikTok 14 persen, Netflix naik 42 persen, dan Spotify naik 23 persen.


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/teknologi/0412470700/kenaikan-trafik-data-xl-axiata-di-jateng-diy-capai-29-persen-ternyata-layanan-ini-paling-mendominasi?page=all
Tokoh





Graph