Libur Lebaran, Penumpang Kereta Api Semarang Mencapai 1 Juta

  • 20 April 2024 21:22:41
  • Views: 5

TEMPO.CO, Semarang - Jumlah penumpang kereta api yang berangkat maupun turun di wilayah Daerah Operasi 4 Semarang mencapai sejuta lebih selama masa angkutan Lebaran 2024. Jumlah tersebut terhitung sejak 31 Maret sampai 20 April 2024 pukul 08.00.

"Naik atau keberangkatan ada 510 ribu penumpang. Tiba atau kedatangan sebanyak 517 ribu," sebut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang, Franoto Wibowo, pada Sabtu, 20 April 2024.

Dia mengatakan, jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Meskipun, periode masa angkutan Lebaran masih berlangsung sampai 22 April 2024. "Dibandingkan dengan masa angkutan Lebaran tahun 2023 naik sekitar 16 persen," katanya.

Perjalanan yang dioperasikan KAI Daop 4 selama musim mudik Lebaran berjumlah 34 kereta api. Serta 70 kereta api melintasi wilayah Daop 4. Sehingga total ada 104 kereta yang saban hari beroperasi selama masa angkutan Lebaran. 

Sebanyak tiga kereta api tambahan juga dijalankan selama periode angkutan Lebaran 2024. Sehingga dalam sehari selama kurun waktu 10 hari sebelum dan sesudah Lebaran tersebut akan ada enam perjalanan kereta api tambahan.

Iklan

"Kereta api tambahan yang beroperasi meliputi KA Kaligung dengan relasi Semarang Poncol-Tegal PP, KA Ciremai dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Bandung PP, dan KA Argo Merbabu dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir PP," sebut Franoto.

Selain itu, juga ada empat kereta api tambahan lain yang melintasi wilayah KAI Daop 4. Rinciannya yaitu dua Kereta Api Sembrani Tambahan dengan relasi Surabaya Pasarturi-Gambir PP, Kereta Api Brantas Tambahan dengan relasi Blitar-Pasar Senen PP, dan Kereta Api Kertajaya Tambahan dengan relasi Surabaya Pasarturi-Pasar Senen PP.

Pilihan Editor: Usai Jokowi dan Prabowo, Tony Blair Temui Airlangga Bahas Geopolitik hingga Transisi Energi


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1858734/libur-lebaran-penumpang-kereta-api-semarang-mencapai-1-juta
Tokoh









Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Kai, Prabowo, Tony Blair,
companies PT Kereta Api Indonesia,
organizations API,
topics Mudik,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH, JAWA TIMUR,
cities bandung, Blitar, Gambir, Semarang, Senen, Surabaya, Tegal,
musicclubs APRIL,