Makan Siang Gratis Dinilai Perlu Dipercepat Atasi Dampak Geopolitik

  • 20 April 2024 20:45:41
  • Views: 6

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Farhan, anggota Komisi I DPR, menyoroti perlunya percepatan realisasi program makan siang gratis untuk mengurangi beban ekonomi masyarakat yang berpotensi terdampak oleh konflik geopolitik di Timur Tengah.

Menurutnya, ada dua sektor ekonomi yang akan langsung terdampak oleh ketegangan di Timur Tengah, impor minyak dari wilayah tersebut dan Afrika, serta ekspor komoditas Indonesia ke Timur Tengah dan Afrika.

Farhan berpendapat bahwa percepatan realisasi program makan siang gratis akan menghemat biaya harian rumah tangga miskin.

"Percepatan realisasi makan siang gratis karena akan menghemat biaya harian rumah tangga miskin," kata Farhan di Jakarta, Jumat, (19/4/2024) dikutip dari ANTARA.

Dia menyoroti dampak yang mungkin terjadi, seperti kenaikan harga minyak dan gangguan pada ekspor ke wilayah Timur Tengah dan Afrika, yang berpotensi menyebabkan tekanan terhadap nilai tukar rupiah dan peningkatan subsidi BBM.

Selain itu, Farhan juga memperhatikan sulitnya impor bahan baku turunan petrokimia dari Timur Tengah, yang dapat meningkatkan biaya produksi industri di Indonesia.

Untuk mengatasi dampak ini, dia meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk memastikan hasil panen beras dan jagung petani terserap, sambil memastikan bahwa impor stok beras, gandum, dan kedelai terjaga sesuai kebutuhan.

Farhan juga menyarankan pemerintah untuk menggenjot produksi batu bara dan mengoptimalkan produksi minyak dan gas bumi dalam negeri guna memenuhi kebutuhan energi listrik dan BBM, dengan harapan mengurangi ketergantungan pada impor BBM.

Selain langkah-langkah di tingkat pemerintah, Farhan juga menekankan pentingnya peran masyarakat dalam mengatasi dampak ekonomi, seperti mengetatkan konsumsi BBM dengan mengurangi biaya perjalanan dan mengutamakan pembayaran cicilan kredit.

Meskipun ini dapat memukul sektor pariwisata domestik, Farhan percaya bahwa hal tersebut akan membantu menjaga stabilitas sektor keuangan. (*)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/04/20/makan-siang-gratis-dinilai-perlu-dipercepat-atasi-dampak-geopolitik/?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Muhammad Farhan,
ministries DPR RI, Komisi I DPR,
topics ekspor, Listrik, Subsisdi BBM,
products Batu Bara, Beras,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, rupiah,