Kuasa Hukum Robert Bonosusatya Ungkap Isi Pemeriksaan di Kasus Dugaan Korupsi Timah dan Hubungannya dengan Harvey Moeis

  • 20 April 2024 18:45:05
  • Views: 2

TEMPO.CO, Jakarta - Robert Priantono Bonosusatyo atau Robert Bonosusatya, telah diperiksa oleh tim Penyidik Direktorat Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jam Pidsus) pada Selasa, 3 April 2024 lalu, sebagai saksi kasus tindak pidana korupsi dalam tata niaga komuditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT timah Tbk tahun 2015 sampai 2022. 

Kuasa hukum Robert Bonosusatya, Harris Arthur Hedar menyampaikan, kliennya hanya diperiksa satu kali pada 1 April dan terkait nama singkatan namanya yakni RBT yang sama dengan singkatan PT Refined Bangka Tin (RBT).

"Karena namanya dekat kaitannya dengan nama RBT itu aja klarifikasi apa hubungannya dengan PT RBT, itu aja lainnya enggak," kata Harris saat ditemui di Jakarta Barat, Jumat, 19 April 2024. 

Harris juga memastikan bahwa Robert tidak ada sama sekali kaitannya dengan kasus PT Timah Tbk. Namun, perihal Robert yang disebut pernah menguasai saham PT RBT, Harris menjelaskan bahwa dirinya tidak mengetahui urusan pribadi kliennya, karena menurutnya RBT sudah berteman dengan Bos PT Refined yaitu Suparman.

"Kalau orang berteman kan bisa aja mereka ada bisnis yang mereka jalani bersama dan tidak perlu harus diketahui orang," jelas dia. 

Iklan

Selain itu,perihal hubungan antara Robert Bono dengan Harvey Moeis soal kasus PT Timah, Harris menuturkan mereka hanya sekadar kenalan sesama pengusaha tambang, tidak berkaitan soal pekerjaan. "Yang saya ketahui tidak ada keterlibatan, mereka berteman saja," ucap Harris. 

Kejaksaan Agung Menetapkan Harvey Moeis Sebagai Tersangka Kasus PT Timah Tbk 

Kejaksaan Agung menetapkan satu tersangka lagi dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan atau IUP PT Timah Tbk, Harvey Moeis, pada Rabu, 27 Maret 2024. Pengusaha yang juga suami dari artis Sandra Dewi itu langsung ditahan. 

Kejaksaan Agung menyebut, Harvey Moeis berperan untuk melobi beberapa smelter di kawasan IUP PT Timah untuk mengakomodasi pertambangan liar. Dalam prosesnya, Harvey Moeis memfasilitasi pertambangan tanpa izin ini dengan sewa-menyewa alat peleburan timah.

Pilihan Editor: MAKI Ungkap Sosok RBS sebagai Aktor Intelektual Korupsi Timah, Kini Diduga Telah Berada di Luar Negeri


Sumber: https://metro.tempo.co/read/1858694/kuasa-hukum-robert-bonosusatya-ungkap-isi-pemeriksaan-di-kasus-dugaan-korupsi-timah-dan-hubungannya-dengan-harvey-moeis
Tokoh





Graph

Extracted

persons Harvey Moeis, Sandra Dewi,
ministries Jaksa Agung, JAM PIDSUS, Kejagung, Kejaksaan, Kejaksaan Agung,
bumns PT Timah Tbk,
ngos MAKI,
topics BOS,
products smelter, timah,
places DKI Jakarta, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,
cases korupsi, Tipikor,
musicclubs APRIL,