Bocoran FBI: Hacker China Bersiap Serang Amerika Serikat

  • 20 April 2024 18:16:18
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Amerika Serikat, Christopher Wray memberikan bocoran soal rencana China. Ada dugaan jika hacker dari Tiongkok akan melakukan serangan ke Amerika Serikat.

Laporan Christoper menyatakan jika China sedang menunggu saat yang tepat untuk melakukan serangan kepada infrastruktur Amerika Serikat.

"Peretas yang berkaitan dengan pemerintah China telah menyusup ke infrastruktur penting AS dan menunggu saat yang tepat untuk meluncurkan serangan dahsyat," tutur Christopher Kamis 19 April 2024.

Saat ini sendiri, memang banyak kampanye peretasan dilakukan oleh pihak China. Salah satunya adalah Volt Typhoon yang berhasil dapatkan dan curi akses ke banyak perusahaan Amerika di bidang telekomunikasi, energi, air dan sektor penting lainnya.

Wray menyatakan jika pihak China tengah menyiapkan kemampuan secara fisik untuk datangkan malapetaka pada infrastruktur penting kita. Di waktu yang sesuai mereka pilih.

“Rencananya adalah melancarkan serangan ringan terhadap infrastruktur sipil untuk mencoba menimbulkan kepanikan.” tuturnya lagi.

Wray mengatakan sulit untuk menentukan maksud dari praposisi dunia maya ini, yang sejalan dengan niat Tiongkok yang lebih luas untuk menghalangi AS membela Taiwan.

Tiongkok mengklaim Taiwan yang memerintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri dan tidak pernah berhenti menggunakan kekuatan untuk menjadikan pulau itu berada di bawah kendalinya. Taiwan sangat keberatan dengan klaim kedaulatan Tiongkok dan mengatakan hanya masyarakat pulau tersebut yang dapat menentukan masa depan mereka.

Perlu diketahui pada awal pekan ini, pemerintah China membantah jika hacker mereka terlibat dalam kampanye Volt Typhoon. Ditegaskan jika serangan tak ada kaitannya dengan pemerintah Tiongkok.

Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Besar Tiongkok di Washington merujuk kembali pada komentar juru bicara MFA. “Beberapa pihak di AS telah menggunakan penelusuran asal-usul serangan siber sebagai alat untuk menyerang dan menjebak Tiongkok, mengklaim AS sebagai korban, sementara yang terjadi sebaliknya, dan mempolitisasi masalah keamanan siber.”

Wray mengatakan para peretas Tiongkok mengoperasikan serangkaian botnet – konstelasi komputer pribadi dan server yang disusupi di seluruh dunia – untuk menyembunyikan aktivitas dunia maya mereka yang berbahaya. Perusahaan teknologi dan keamanan siber Amerika sektor swasta sebelumnya mengaitkan Volt Typhoon dengan Tiongkok, termasuk laporan dari peneliti keamanan di Microsoft dan Google.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017982898/bocoran-fbi-hacker-china-bersiap-serang-amerika-serikat?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, Microsoft,
ministries FBI,
nations Amerika Serikat, Republik Rakyat Cina, Taiwan,
places BANTEN,
cities Serang, Tiongkok, Washington,
cases serangan siber,
musicclubs APRIL,