Status Gunung Anak Krakatau Turun Jadi Waspada

  • 20 April 2024 14:30:27
  • Views: 2

Jakarta -

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Anak Krakatau dari level III atau Siaga menjadi level II atau Waspada. Penurunan status berdasarkan data pengamanan visual dan instrumental beserta prakiraan potensi bahaya aktivitas gunung api.

"Tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau diturunkan dari level III (Siaga) ke level II (Waspada)," demikian informasi yang disampaikan PVMBG melalui akun instagram resminya, Sabtu (20/4/2024).

Penurunan status terhitung per 19 April 2024 pukul 12.00 WIB. Meskipun statusnya turun, PVMBG tetap mengimbau masyarakat mewaspadai potensi erupsi.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PVMBG juga merekomendasikan agar masyarakat, pengunjung, dan wisatawan tidak mendekati Gunung Anak Krakatau dalam radius 2 km dari kawah aktif demi menghindari potensi terdampak lontaran baju pijar dan hujan abu lebat.

Selain itu, masyarakat di wilayah pantai Provinsi Banten dan Lampung diharapkan tetap tenang dan jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Anak Krakatau akan menyebabkan tsunami, serta dapat berkegiatan normal dengan senantiasa mengikuti arahan petugas BPBD setempat.

"Tingkat aktivitas boleh turun, kewaspadaan jangan sampai kendor!" imbuh PVMBG.

(taa/dhn)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7301696/status-gunung-anak-krakatau-turun-jadi-waspada
Tokoh

Graph

Extracted

companies Instagram,
ministries BPBD, PVMBG,
organizations API,
topics Tsunami,
places BANTEN, DKI Jakarta, LAMPUNG,
cities Gunung,
musicclubs APRIL,