Apa Alasan Prabowo Minta Simpatisan Batalkan Aksi Damai di MK?

  • 20 April 2024 14:03:34
  • Views: 2

PIKIRAN RAKYAT - Calon Presiden Indonesia, Prabowo Subianto meminta pendukungnya agar tidak melakukan aksi apa pun, terkait kasus sengketa Pemilu dan Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

Terkhusus, Prabowo mengimbau pendukungnya untuk tidak melakukan aksi damai di depan gedung MK. Hal ini, kata dia, demi menjaga situasi bangsa tetap kondusif.

Imbauan itu disampaikannya lewat keterangan tertuli, di Jakarta, Jumat, 19 April 2024.

“Saya, Prabowo Subianto meminta dengan sungguh-sungguh kepada masyarakat Indonesia, khususnya 96,2 juta rakyat Indonesia yang telah memilih pasangan Prabowo-Gibran, untuk tidak melakukan aksi apapun di depan Gedung MK atau pun di tempat-tempat lain demi menjaga kesejukan demokrasi, menjaga persatuan dan keutuhan bangsa,” kata Prabowo.

Prabowo mengaku paham apabila pendukung geram atas segala tuduhan yang diterima pihaknya, dalam sidang perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

Namun, ia mengingatkan agar para simpatisan tetap bersikap sejuk dan damai dalam menyikapinya. Presiden terpilih itu menegaskan bahwa sikap menahan diri bukan berarti lemah.

“Kami memahami pendukung Prabowo-Gibran sungguh amat terganggu dan memiliki reaksi yang cukup menyentuh, namun kami meminta kepada pendukung pasangan Prabowo-Gibran yang sudah gunakan hak pilihnya sebanyak itu untuk selalu waspada dan selalu hati-hati serta tidak mudah terpancing, apalagi pihak-pihak yang menimbulkan suasana tidak sejuk dan tidak tentram,” ucapnya.

“Saya kembali tegaskan marilah kita tenang, sejuk, menahan diri, mempersilakan institusi-institusi mempersilakan hakim-hakim MK menjalankan tugas mulianya dengan kearifan dengan selalu mengutamakan kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia, demi bangsa Indonesia yang kita cintai,” tutur dia.

Baca Juga: PKS Bakal Jadi Koalisi atau Oposisi? Aboe Bakar Singgung Komunikasi dengan Prabowo

Aksi Damai MK 100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran

Komandan Tim Kampanye Nasional bidang relawan atau TKN Golf dari Prabowo-Gibran, Haris Rusli Moti mengatakan, aksi damai yang diikuti 100 ribu pendukung Prabowo-Gibran di depan gedung MK, Jumat 19 April 2024, merupakan respons terhadap segala serangan yang diterima pihaknya.

Menurut dia, serangan bertubi-tubi itu bentuknya beragam, mulai dari tuduhan, penghinaan, hingga pelecehan kepada pemilih pasangan Prabowo-Gibran.

"Seakan-akan 96,2 juta orang (yang memilih Pragib) melaksanakan hak pilihnya untuk memilih pasangan Prabowo-Gibran karena disuap dengan bantuan sosial," ujar Haris.

Dia menegaskan, jumlah suara 96,2 juta suara tersebut diraih paslon 02 dengan cara-cara demokratis. Dengan demikian, pihaknya menolak tuduhan apa pun yang berkaitan dengan kemenangan Pragib.

"Kami senantiasa mendinginkan suasana dan mengimbau agar seluruh pendukung dan pemilih pasangan Prabowo-Gibran, untuk taat pada proses hukum dan konstitusi yang sedang berlangsung, tanpa tekanan gerakan massa," tutur dia, tegas. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017983450/apa-alasan-prabowo-minta-simpatisan-batalkan-aksi-damai-di-mk?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons Gibran Rakabuming Raka, Prabowo,
ministries MK,
ngos SEJUK,
parties PKS,
topics Bantuan Sosial, Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,