Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

  • 20 April 2024 06:04:01
  • Views: 3

Jakarta – Kecaman dan kemarahan datang dari sebagian besar negara-negara di dunia atas genosida Israel di Jalur Gaza.

Baca Juga :

Bank Mandiri Pastikan Likuiditas Solid di Tengah Gejolak Iran-Israel

Namun, ada ketidakkonsistenan antara perkataan dan perbuatan dari sejumlah negara, termasuk negara mayoritas Muslim dan Arab. 

Mereka mengutuk genosida yang dilakukan Israel, menyerukan genjatan senjata serta memberikan bantuan. Namun, mereka gagal menerjemahkan kebijakan tersebut berdampak pada perekonomian dan mesin perang Israel.

Baca Juga :

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Gedung-gedung di Gaza hancur akibat serangan Israel.

Berita tentang ketidakkonsistenan negara-negara Arab terkait serangan Israel ke Gaza menjadi berita terpopuler di kanal News VIVA, Jumat, 19 April 2024.

Baca Juga :

Dewan Keamanan PBB Dikritik karena Gagal Tegakkan Resolusi saat Serangan di Gaza Meningkat

Selain itu, berita tentang Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluarkan pernyataan sikap terkait video Pendeta Gilbert Lumoindong juga menjadi berita terpopuler.

Tak hanya dua berita tersebut. Sejumlah berita lainnya juga menarik banyak perhatian pembaca VIVA. Berikut ini lima berita terpopuler di kanal News VIVA, Jumat, 19 April 2024 yang dirangkum dalam tulisan round up:

1. Munafik, Deretan Negara Arab Ini Justru Bantu Israel Hancurkan Palestina

Sebagian besar negara di dunia, besar dan kecil, telah menyatakan kecaman dan kemarahan mereka atas genosida Israel di Jalur Gaza, yang telah berlangsung selama 194 hari terakhir.

Dalam bahasa diplomatis atau sekadar kata-kata yang blak-blakan, seperti di Afrika Selatan, setiap negara telah menyampaikan pendapatnya kepada Israel mengenai invasi militernya ke daerah kantong Palestina.

Di sisi lain, beberapa negara juga dengan jelas menyatakan dukungannya terhadap Negara Pendudukan apartheid, seperti Amerika Serikat, yang Presidennya, Joe Biden, dalam banyak kesempatan menggambarkan dukungannya terhadap Israel sebagai dukungan yang sangat kuat.  Hal ini telah terulang dalam banyak kesempatan dan merupakan fakta sejak Israel didirikan 75 tahun yang lalu. Baca berita selengkapnya di sini.

2. FKUB Sulsel Larang Pendeta Gilbert Datang ke Makassar, Ini Alasannya

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeluarkan pernyataan sikap terkait video Pendeta Gilbert Lumoindong yang diduga menghina Islam dengan mengolok-olok salat.

Pendeta Gilbert Lumoindong Photo : Youtube Gilbert Lumoindong

Pernyataan sikap tersebut tertulis dalam surat bernomor 11/FKUB-SS/IV/2024 yang ditandatangani Ketua Umum FKUB Sulsel, Prof Wahyuddin Naro pada Senin, 15 April 2024.

“Mengimbau kepada seluruh umat beragama khususnya masyarakat Sulsel dan bangsa Indonesia secara umum untuk tetap menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama agar tercipta masyarakat dan lingkungan yang harmonis,” ujar Wahyudin dikutip dari laman MUI Sulsel, Jumat 19 April 2024. Baca berita selengkapnya di sini.

3. Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara

Aksi Pierre WG Abraham, pengemudi mobil Toyota Fortuner yang pakai pelat dinas TNI palsu disebut melebihi tentara. TNI merasa sangat dirugikan sekali akan tindakannya.

"Apa yang terjadi selama ini itu sangat merugikan institusi TNI, karena sebagian besar yang terekspos di media, media sosial maupun media elektronik. Tingkah laku para pengguna kendaraan pelat dinas yang tidak peruntukannya ini atau ilegal itu berlebihan bahkan melebihi gaya tentara di lapangan," ujar Kepala Satuan Lidkrimpamfik Puspom TNI, Kolonel Jeffri B Purba, Jakarta, Kamis, 18 April 2024.

Dirinya mengungkap, apa yang dilakukan oleh pihak semacam Pierre bukan cuma mengganggu masyarakat tetapi juga sudah mencemarkan nama baik TNI. Baca berita selengkapnya di sini.

4. Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Media-media Amerika Serikat, termasuk ABC News, melaporkan bahwa Israel telah melakukan serangan balasan setelah tiga ledakan terjadi di sekitar bandara kota Isfahan, Iran, pada Jumat, 19 April 2024 malam.

Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran

Meskipun jenis serangan atau senjata yang digunakan belum diketahui dengan pasti, serangan tersebut diyakini berasal dari Israel. Dilansir dari ABC News, Jumat, 19 April 2024, Isfahan merupakan kota strategis bagi Iran yang memiliki sejumlah fasilitas penting seperti pusat penelitian dan pengembangan militer, serta pangkalan-pangkalan militer.

Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran Militer Israel menunjukkan salah satu bangkai rudal balistik Iran

Selain itu, kota Natanz yang yang berjarak hanya 125 kilometer dari Isfahan juga memiliki fasilitas pengayaan nuklir. Baca berita selengkapnya di sini.

5. Ledakan Terdengar di Irak hingga Suriah Imbas Serangan Israel ke Iran

Israel telah melakukan serangan udara terhadap sasaran di Iran. Hal itu dikonfirmasi oleh para pejabat AS.

Seorang pejabat mengatakan bahwa serangan tersebut menghantam sebuah lokasi di Iran, namun tidak jelas apa target pastinya atau seberapa parah kerusakannya. 

Selain di Iran, ledakan juga terdengar di Irak, Suriah hingga Lebanon. "Sirene peringatan berbunyi di banyak komunitas utara dekat perbatasan dengan Lebanon," menurut Times of Israel. Baca berita selengkapnya di sini.

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

VIVA.co.id

20 April 2024


Sumber: https://www.viva.co.id/berita/nasional/1706880-terpopuler-deretan-negara-bantu-israel-pendeta-gilbert-dilarang-ke-makassar-hingga-iran-diserang?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joe Biden,
companies YouTube,
ministries OJK, TNI,
bumns Bank Mandiri,
institutions MUI,
religions Islam,
parties PBB,
nations Afrika Selatan, Amerika Serikat, Indonesia, Irak, Iran, Israel, Jalur Gaza, Lebanon, Palestina, Suriah,
places DKI Jakarta, SULAWESI SELATAN,
transportations Toyota Fortuner,
brands Toyota,
musicclubs APRIL,