Pergerakan Pesawat Kargo Naik 146 Persen di Bandara Adi Soemarmo di Periode Angkutan Lebaran 2024

  • 20 April 2024 08:55:00
  • Views: 2

TEMPO.CO, Boyolali - General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Erick Rofiq Nurdin mengemukakan kenaikan jumlah pergerakan pesawat maupun penumpang yang dilayani Bandara Adi Soemarmo selama periode Posko Lebaran 2024 tidak signifikan bila dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu. Peningkatan signifikan terjadi pada pergerakan kargo yang mencapai 146 persen. 

"Pergerakan pesawat selama periode Posko Lebaran kali ini hanya naik sekitar 14 persen dari tahun lalu. Sedangkan untuk pergerakan penumpang 2 persen. Tapi untuk barang (kargo) signifikan naiknya yaitu sebesar 146 persen," ujar Erick ketika ditemui awak media di Bandara Adi Soemarmo seusai penutupan Posko Angkutan Lebaran 2024/1445 Hijriyah, Jumat, 19 April 2024.

Dia merinci berdasarkan data yang dicatat PT Angkasa Pura I pada periode Lebaran tahun ini, jumlah penumpang yang dilayani Bandara Adi Soemarmo selama periode posko Lebaran itu sebanyak 68.804 penumpang. Adapun untuk pesawat sebanyak 542 pergerakan pesawat, dan kargo sebanyak 194.114 kilogram (kg).

"Pada pelaksanaan Posko Lebaran tahun ini, puncak arus mudik terjadi pada hari Jumat tanggal 5 April 2024 atau H-5 Lebaran dengan jumlah pesawat sebanyak 44 pergerakan dan jumlah penumpang sebanyak 5.329 penumpang," tuturnya. 

Dia memperkirakan penyebab tidak signifikannya kenaikan jumlah penumpang di periode mudik Lebaran kali ini lantaran masih terbatasnya jumlah pesawat. 

"Selain itu, kalau dari sisi jumlah penumpang Solo ini sebenarnya tidak berkurang. Hanya mungkin karena saat ini sudah ada tol dan kereta api yang menjadi transportasi alternatif selain pesawat bagi masyarakat untuk mudik," ungkap dia. 

Sementara untuk puncak arus balik, lanjut dia, terjadi pada Sabtu, 14 April 2024 atau H+3 Lebaran dengan jumlah pesawat sebanyak 48 pergerakan dengan jumlah sekitar 6.100 penumpang. 

Iklan

Meskipun jumlah penumpang tidak naik secara signifikan dari tahun sebelumnya, Erick memastikan pihaknya tetap berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh pengguna jasa. Begitu pula dengan para operator penerbangan, beberapa tetap semangat menambah penerbangannya guna mengantisipasi peningkatan permintaan dari dan menuju Bandara Adi Soemarmo. 

"Batik Air, Super Air Jet, Citilink dan Garuda Indonesia adalah maskapai yang menyediakan beberapa penerbangan tambahan untuk rute yang dipadati penumpang pada periode mudik tahun ini," katanya.

Lebih lanjut dia menyebutkan rute favorit dari dan menuju Adi Soemarmo didominasi tujuan Jakarta baik melalui Bandara Soekarno maupun Halim Perdana Kusuma. Sementara dari luar Pulau Jawa penambahan penerbangan dilakukan untuk tujuan Balikpapan.

Erick menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah membantu penyelenggaraan Posko Terpadu Angkutan Udara Lebaran 2024 Masehi/1445 Hijriyah, sehingga seluruh rangkaian kegiatan posko berjalan dengan tertib, aman, dan lancar sesuai yang diharapkan.

Pilihan Editor:  126 Ribu Penumpang Lintasi Bandara Ahmad Yani Selama Masa Angkutan Lebaran 2024, Meningkat 13 Persen


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1858512/pergerakan-pesawat-kargo-naik-146-persen-di-bandara-adi-soemarmo-di-periode-angkutan-lebaran-2024
Tokoh





Graph

Extracted

persons Ahmad Yani, Soekarno,
companies Super Air Jet,
bumns Batik Air, Citilink, Garuda Indonesia, PT Angkasa Pura I,
organizations API,
topics Mudik,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Halim Perdana Kusuma, Solo,
musicclubs APRIL,