Gibran Sebut Pemerataan Pembangunan Jadi PR Utama: Tidak Boleh Jawa Sentris

  • 20 April 2024 09:52:21
  • Views: 3

PIKIRAN RAKYAT - Gibran Rakabuming Raka, Calon Wakil Presiden (Cawapres) terpilih sekaligus Walikota Solo menegaskan soal pentingnya pemerataan pembangunan.

Seperti janjinya saat kampanye di Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto, Gibran mengaku akan menggenjot soal masalah pemerataan pembangunan di Tanah Air.

Gibran tudak mau Indonesia menjadi Jawa Sentris atau hanya fokus kepada Pulan Jawa saja sementara pembangunan di pulau lain di Indonesia menjadi terabaikan.

Dengan begitu, pemerataan pembangunan ini tampaknya akan menjadi PR utama untuk dikerjakan jika ia sudah dilantik menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia.

Baca Juga: Khofifah Indar Parawansa: Prabowo-Gibran Menang, Seiring Rida Allah

"Waktu kampanye saya berkali-kali bilang pemerataan pembangunan, tidak boleh lagi Jawa sentris," ucap putra dari Presiden Joko Widodo, dikutip dari laman ANTARA. 

"PR masih banyak," tambahnya.

Keluhan dari berbagai pelosok Negri

Gibran akan memastikan daerah pelosok di luar Pulau Jawa mulai kini akan lebih diperhatikan lagi. Apalagi selama ini banyak keluhan yang datang dari berbagai pelosok negri, terutama soal listrik.

Baca Juga: Bahlil Lahadalia: Saya Yakin Prabowo-Gibran Menang, Masa 91 Juta Suara Dianulir

Mengenai listrik, akses air hingga fasilitas lain yang menunjang kehidupan sehari-hari dijanjikannya akan bisa dinikmati oleh semua rakyat Indonesia, khususnya di pelosok.

"Ke depan yang namanya akses air, listrik, hal-hal mendasar harus bisa dinikmati semua orang," katanya pula.

Gibran mengatakan bahwa beberapa masukan banyak berasal dari Indonesia Timur.

"Dulu kan Sukoharjo, Colomadu, sekarang Papua. Selain listrik ada juga infrastruktur, mafia tanah, ini jadi PR ke depan," katanya lagi.

Baca Juga: 10.000 Pendukung Prabowo-Gibran Akan Ajukan Amicus Curiae, kata TKN

Sementara itu, Gibran juga akan mengkonunikasikan terkait beberapa hal yang menjadi keluhan masyarakat dengan lembaga atau pihak terkait.

"Sebagian besar di luar Solo, sebisa mungkin dan sesuai kapasitas saya hanya mengomunikasikan. Misal listrik kami komunikasikan dengan PLN. Alhamdulillah banyak masukan bagus," katanya.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017983834/gibran-sebut-pemerataan-pembangunan-jadi-pr-utama-tidak-boleh-jawa-sentris?page=all
Tokoh











Graph