Badan Geologi Rekomendasikan Evakuasi Warga di Radius Bahaya Gunung Ruang

  • 20 April 2024 09:09:29
  • Views: 1

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merekomendasikan warga Pulau Tagulandang yang bermukim di radius bahaya Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, dievakuasi.

"Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius enam kilometer agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius tersebut," kata Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid dalam rilis yang diterima di Manado, Jumat 20 April 2024.

Pada tingkat aktivitas Level IV Awas, kata Wafid, diharapkan masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung atau wisatawan tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius enam kilometer dari pusat kawah aktif.

Wafid juga berharap masyarakat di Pulau Tagulandang, khususnya yang bermukim di dekat pantai, agar mewaspadai potensi lontaran batuan pijar, luruhan awan panas (surge), dan tsunami yang disebabkan oleh runtuhan tubuh gunung api ke dalam laut.

"Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan," kata Wafid.

Iklan

Rekomendasi berikutnya, kata Wafid, pemerintah daerah serta BPBD Provinsi Sulut dan kabupaten diminta senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Ruang di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung.

"Tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum diterbitkan," kata Wafid.

Gunung Ruang erupsi sejak 16 April 2024 sore hari setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan. Pada hari yang sama, status gunung tersebut berubah sampai tiga kali, dari Normal ke Waspada, Siaga, lalu Awas.


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1858547/badan-geologi-rekomendasikan-evakuasi-warga-di-radius-bahaya-gunung-ruang
Tokoh

Graph

Extracted

companies Surge,
ministries BPBD, Kementerian ESDM, PVMBG,
organizations API,
topics Tsunami,
products masker,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, SULAWESI UTARA,
cities bandung, Gunung, Manado,
musicclubs APRIL,