Kerugian Banjir di Sejumlah Daerah Pantura Jateng Mencapai Rp2,2 Triliun

  • 20 April 2024 00:52:33
  • Views: 5

Semarang: Kerugian akibat bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Pantura Jawa Tengah pada Februari hingga Maret 2024 mencapai Rp2,2 triliun. Selain kerusakan infrastruktur kerugian terbesar terjadi di sektor pertanian. Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Jawa Tengah, Arif Wahyudi, mengungkapkan secara rinci kerugian akibat bencana banjir terjadi Kota Semarang Rp852,30 miliar, Kabupaten Demak Rp800,93 miliar, Kabupaten Grobogan Rp343,20 miliar, Kabupaten Jepara Rp139,64 miliar, Kabupaten Kudus Rp80,77 miliar dan Kabupaten Pati Rp11,52 miliar. "Namun demikian kerugian sebesar itu dimungkinkan masih akan bertambah, karena perhitungan masih akan terus dilakukan termasuk di daerah lain di Jawa Tengah," kata Arif dalam keterangan pers, Jumat, 19 April 2024.   Arif menjelaskan kerugian akibat bencana banjir tersebut di setiap daerah berbeda seperti di Kota Semarang jumlah warga terdampak capai 56.216 keluarga di 48 kelurahan di delapan kecamatan dengan kerusakan ditimbulkan selain harus dilakukan evakuasi korban banjir juga kerusakan infrastruktur. Sedangkan di Kabupaten Demak, kerugian terbesar adalah di sektor pertanian karena dampak banjir tersebut berujung pada kegagalan panen dan sebagian lainnya pemukiman warga yang terendam banjir. "Rehabilitasi dari dampak bencana banjir itu hingga saat ini masih terus dilakukan," ungkapnya. Pemantauan hari ini Jumat, 19 April 2024 di tengah cuaca ekstrem yang belum mereda di sebagian besar daerah di Jawa Tengah, ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang masih menjadi kekhawatiran, apalagi beberapa bencana seperti banjir rob dan longsor masih terjadi pada pekan terakhir. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mencatat selama periode Februari hingga Maret lalu, kerugian akibat bencana banjir terjadi di sejumlah daerah di Pantura Jawa Tengah mencapai Rp2,2 triliun lebih, hal ini dihitung dari sektor perumahan, infrastruktur, ekonomi, sosial dan lintas sektor.

Semarang: Kerugian akibat bencana banjir yang melanda sejumlah daerah di Pantura Jawa Tengah pada Februari hingga Maret 2024 mencapai Rp2,2 triliun. Selain kerusakan infrastruktur kerugian terbesar terjadi di sektor pertanian.
 
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Jawa Tengah, Arif Wahyudi, mengungkapkan secara rinci kerugian akibat bencana banjir terjadi Kota Semarang Rp852,30 miliar, Kabupaten Demak Rp800,93 miliar, Kabupaten Grobogan Rp343,20 miliar, Kabupaten Jepara Rp139,64 miliar, Kabupaten Kudus Rp80,77 miliar dan Kabupaten Pati Rp11,52 miliar.
 
"Namun demikian kerugian sebesar itu dimungkinkan masih akan bertambah, karena perhitungan masih akan terus dilakukan termasuk di daerah lain di Jawa Tengah," kata Arif dalam keterangan pers, Jumat, 19 April 2024.
  Arif menjelaskan kerugian akibat bencana banjir tersebut di setiap daerah berbeda seperti di Kota Semarang jumlah warga terdampak capai 56.216 keluarga di 48 kelurahan di delapan kecamatan dengan kerusakan ditimbulkan selain harus dilakukan evakuasi korban banjir juga kerusakan infrastruktur.
Sedangkan di Kabupaten Demak, kerugian terbesar adalah di sektor pertanian karena dampak banjir tersebut berujung pada kegagalan panen dan sebagian lainnya pemukiman warga yang terendam banjir.
 
"Rehabilitasi dari dampak bencana banjir itu hingga saat ini masih terus dilakukan," ungkapnya.
 
Pemantauan hari ini Jumat, 19 April 2024 di tengah cuaca ekstrem yang belum mereda di sebagian besar daerah di Jawa Tengah, ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor dan angin kencang masih menjadi kekhawatiran, apalagi beberapa bencana seperti banjir rob dan longsor masih terjadi pada pekan terakhir.
 
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah mencatat selama periode Februari hingga Maret lalu, kerugian akibat bencana banjir terjadi di sejumlah daerah di Pantura Jawa Tengah mencapai Rp2,2 triliun lebih, hal ini dihitung dari sektor perumahan, infrastruktur, ekonomi, sosial dan lintas sektor.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(DEN)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/1bV95BnN-kerugian-banjir-di-sejumlah-daerah-pantura-jateng-mencapai-rp2-2-triliun
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries BPBD,
topics Banjir, Banjir ob, longsor,
places JAWA TENGAH,
cities Demak, Jepara, Kudus, Pati, Semarang,
musicclubs APRIL,