Polri ungkap 8 Tersangka Kelompok JI yang Ditangkap di Sulteng Terlatih dan Miliki Jabatan

  • 19 April 2024 20:55:23
  • Views: 4

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Delapan tersangka kelompok teroris Jamaah Islamiyah (JI) yang ditangkap di Sulawesi Tengah (Sulteng) telah terlatih dan memiliki jabatan struktural di dalam kelompok tersebut.

Mereka terlibat dalam kegiatan pelatihan fisik dan militer di Poso, Sulawesi Tengah.

Hal itu diungkapkan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan di Jakarta, Jumat, (19/4/2024).

"Kelompok JI ini ada yang mengikuti kegiatan pelatihan secara fisik serta mengikuti kegiatan pelatihan militer di Poso, Sulawesi Tengah," kata Trunoyudo, dikutip dari ANTARA.

Tersangka-tersangka tersebut memiliki inisial G, BS, SK, A, MWDS, DK, H, dan RF, dimana tujuh orang ditangkap pada Selasa (16/4) dan satu orang ditangkap Kamis (18/4/2024).

Kedelapan tersangka ini juga memiliki jabatan di berbagai bidang dalam kelompok teroris JI. Mereka terlibat dalam bidang doktrin atau dakwah, keuangan, rekruitmen, dan pendidikan dalam struktur organisasi JI.

Keterlibatan mereka juga terkait dengan pengumpulan dana melalui yayasan amal milik kelompok teroris JI yang dikelola untuk mendukung aktivitas terorisme. Yayasan amal tersebut, Syam Organizer, terungkap dari penggeledahan di rumah salah satu tersangka teroris di Jawa Barat pada tanggal 15 Agustus 2021.

Tersangka RH, yang merupakan anggota kelompok teroris JI, ditangkap bersama lima tersangka lainnya di Komplek Patramaya Jalan Cipta Karya, Kota Bandung, Jawa Barat. (*)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/04/19/polri-ungkap-8-tersangka-kelompok-ji-yang-ditangkap-di-sulteng-terlatih-dan-miliki-jabatan/?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana,
organizations Jamaah Islamiyah, Jemaah Islamiyah,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT, SULAWESI TENGAH,
cities bandung, Poso,
cases Teroris,