Menhub Apresiasi Kolaborasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun Ini

  • 19 April 2024 17:45:52
  • Views: 1

Penutupan Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024/1445 Hijriah di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (19/4).(Dok Kemenhub)

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan apresiasi kepada seluruh pihak atas kolaborasi dan koordinasi sehingga Angkutan Lebaran 2024 dapat berjalan dengan baik. Hal ini disampaikan Menhub saat menutup Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024/1445 Hijriah di Kantor Kementerian Perhubungan, Jumat (19/4).

"Saya bangga dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan unsur terkait atas koordinasi dan kerja nyata bersama sehingga mudik kali ini dapat berjalan dengan baik. Terima kasih kepada kementerian dan lembaga terkait, Kemenko PMK, pemerintah daerah, Polri, TNI, operator transportasi, media yang mendukung secara intens, serta seluruh masyarakat, kami sampaikan terima kasih," ujar Menhub.

Budi menyampaikan, apresiasi juga disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Presiden menilai angkutan Lebaran tahun ini telah berjalan baik. Dalam hal ini, Presiden selalu memantau dan memberi arahan selama masa Angleb.

Baca juga : Menhub Nilai Angkutan Lebaran Berjalan Baik dengan Catatan

"Pak Presiden mengatakan Angkutan Lebaran sudah berjalan bagus. Tidak ada hal signifikan yang membuat kita khawatir. Namun demikian evaluasi dan peningkatan akan terus kita lakukan. Selama ini, Presiden terus memantau secara intens dan memberi semangat. Terima kasih kepada Pak Presiden sehingga kita semua bisa mengawal dan berkolaborasi dalam menjalankan tanggung jawab ini," katanya.

Ia tidak memungkiri terdapat sejumlah catatan dan evaluasi dari Angleb tahun ini. Hal ini terutama dilandasi oleh lonjakan pergerakan yang sangat signifikan. 

Berdasarkan hasil survei mobile positioning data (MPD) yang dilakukan oleh operator telekomunikasi Telkomsel, jumlah pergerakan masyarakat secara nasional selama periode 3-18 April 2024 sebesar 242,6 juta pergerakan. Di wilayah Jabodetabek terdapat sebesar 41,5 juta pergerakan. Kemudian penggunaan angkutan umum juga meningkat dibandingkan 2023, serta lalu lintas jalan yang relatif lancar dengan kecepatan rata-rata kendaraan sekitar 70-75 km/jam.

Baca juga : Menhub Buka Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024

"Pergerakan masyarakat terjadi lonjakan yang cukup signifikan. Perjalanan angkutan umum juga meningkat. Masih terjadi beberapa hal yang tidak kita inginkan. Meski begitu, angka kecelakaan menurun serta kecepatan kendaraan dapat meningkat. Ini hal yang positif," jelas Budi.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Irjen Aan Suhanan menyampaikan terjadi penurunan jumlah kecelakaan sebanyak 8% selama Angleb. Tahun ini terjadi 3.286 kecelakaan lalu lintas, turun dari tahun lalu sebanyak 3.561 kecelakaan. Tingkat fatalitas pun menurun 12% dari tahun lalu sebesar 534 korban meninggal dunia menjadi 469 di tahun ini.

"Sepanjang masa Angkutan Lebaran, kami juga telah melakukan rekayasa lalu lintas dengan 27 kali pelaksanaan contra flow di Jakarta-Cikampek-Cipali, 20 kali one way di tol, dan 197 kali kali one way di luar tol di Jawa Barat. Di Jawa Tengah, kita juga melakukan pengaturan di jalan-jalan arteri," papar Kakorlantas.

Baca juga : Menhub Budi Karya Sumadi Periksa Kesiapan Transportasi Udara Jelang Lebaran 2024

Selain itu, dilakukan 40 kali delaying system di penyeberangan sejak Km 13 hingga Km 68 saat arus mudik. Hal ini dilakukan karena antrean dan kenaikan volume kendaraan. Meski begitu, kecepatan kendaraan meningkat 0,8 km/jam dibanding tahun lalu. Artinya, waktu tempuh perjalanan arus mudik menjadi lebih cepat 11 menit dari tahun lalu. 

"Kami mengucapkan syukur, hajat besar yang sudah kita lalui ini berjalan dengan baik, berkat kolaborasi seluruh pemangku kepentingan, masyarakat dan media. Keberhasilan pengelolaan ini ialah keberhasilan kita bersama," kata Kakorlantas.

Turut hadir dalam acara ini seluruh jajaran pejabat tinggi madya (eselon 1) Kementerian Perhubungan, Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono, dan seluruh Dirut BUMN operator transportasi. (RO/Z-2)


Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/665948/menhub-apresiasi-kolaborasi-penyelenggaraan-angkutan-lebaran-tahun-ini
Tokoh







Graph