Jembatan yang Dilintasi Mendadak Putus, Pasutri di Lumajang Tewas Terseret Lahar Dingin Gunung Semeru

  • 19 April 2024 17:17:31
  • Views: 2

TEMPO.CO, Lumajang - Pasangan suami istri warga dusun Dusun Jurang Jejer desa Klopo Sawit Kecamatan Candipuro menjadi korban banjir lahar dingin Gunung Semeru, Kamis malam, 18 April 2024. Sepeda motor yang mereka kendarai terperosok ke sungai ketika jembatan putus diterjang lahar dingin Semeru.

Kepala Kepolisian Sektor Candipuro Polres Lumajang, Ajun Komisaris Lugito mengatakan jenazah kedua korban ditemukan oleh warga. "Sudah ditemukan pagi tadi oleh warga, korban meninggal dunia," kata Lugito dihubungi TEMPO, Jumat, 19 April 2024.

Motor matic yang dikendarai korban ditemukan di sungai dalam keadaan remuk. Jenazah sang istri ditemukan di dekat barongan bambu dan sang suami di dekat sawah. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun TEMPO, pasangan suami istri ini dalam perjalanan pulang dari Desa Munder, Kecamatan Yosowilangun. Korban mengendarai motor matic warna putih. Sempat diinformasikan juga di sebuah grup warga Lumajang di situs jejaring sosial foto kedua korban.

Bencana banjir dan longsor ini juga menimbulkan kerugian meterial berupa rusaknya sejumlah infrastruktur jembatan di Kabupaten Lumajang. Setidaknya ada empat jembatan yang dikabarkan putus dan tidak bisa dilewat.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir lahar dingin Gunung Semeru menimbulkan kerugian kerusakan empat infrastruktur jembatan di sejumlah titik di Kabupaten Lumajang. Salah satunya jembatan di Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro. 

Iklan

Tiga jembatan lainnya antara lain jembatan jembatan penghubung Desa Gondoruso dan Desa Bades di Kecamatan Pasirian, Jembatan di Dusun Sumberbulus Desa Oro-oro Ombo di Kecamatan Pronojiwo, Jembatan Jurangmangu di Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko serta Jembatan Kloposawit, Desa Kloposawit, Kecamatan Candipuro.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lumajang, Patria Dwi Hastiadi mengatakan pihaknya saat ini masih melakukan assessment terkait kejadian banjir dan longsor yang terjadi di Lumajang. 

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Lumajang dan tim gabungan langsung menuju lokasi tersebut guna melakukan assessment dan melakukan percepatan penanganan banjir lahar dingin tersebut," kata Patria kepada TEMPO, Jumat pagi ini, 19 April 2024.

Pilihan Editor: Massa Demo Sengketa Pilpres Ricuh Saling Lempar Batu, Ada Massa yang Lanjut Joget


Sumber: https://metro.tempo.co/read/1858401/jembatan-yang-dilintasi-mendadak-putus-pasutri-di-lumajang-tewas-terseret-lahar-dingin-gunung-semeru
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BPBD, Polisi,
topics Banjir, longsor,
places JAWA TIMUR,
cities Gunung, Lumajang,
transportations sepeda,
musicclubs APRIL,