8 Ribu Orang di Kabupaten Tangerang Ajukan Permohonan Kartu Tanda Pencari Kerja

  • 19 April 2024 15:21:21
  • Views: 2

Tangerang: Sebanyak 8.883 orang pencari kerja mengajukan permohonan Kartu Kuning (AK1) di Kabupaten Tangerang. Ribuan orang tersebut tercatat selama periode Januari-April 2024. Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan, pengajuan pembuatan kartu kuning atau tanda pencari kerja pasca-libur Lebaran tidak terjadi peningkatan yang signifikan. "Ribuan pemohon itu sebagian besar hendak melamar pekerjaan. Angka ini standar, tidak terlihat adanya lonjakan. Karena kalau pada 2023, selama setahun terdapat 35 ribu jumlahnya," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, Jumat, 19 April 2024. Rudi menuturkan, tidak ada lonjakan pengajuan pasca Lebaran tersebut lantaran saat ini mobilitas pendatang baru tidak begitu banyak ada di Kabupaten Tangerang. Pasalnya, kata Rudi, secara umum pembangunan nasional sudah merata di beberapa daerah, termasuk infrastrukturnya. "Penyebabnya mungkin karena memang kawasan industri sekarang bukan hanya ada di kawasan Jabodetabek saja, tapi sudah menyebar ke daerah lainnya. Seperti di Pekalongan, Batam, Kendal, Subang, sudah banyak daerah kawasan industri," jelasnya. Rudi menjelaskan, jumlah pengajuan pembuatan kartu tanda pencari kerja tersebut sewaktu-waktu bisa meningkat. Hal tersebut dapat terjadi saat momen tertentu seperti pasca kelulusan sekolah. "Itu hanya perkiraan, tentu bisa berubah. Karena kita menunggunya di momen kelulusan sekolah sekitar bulan 6 (Juni) nanti," katanya. Menurut Rudi, pihaknya menargetkan penempatan kerja di wilayahnya tersebut semakin banyak sesuai kebijakan kepala daerah setempat, setelah melihat animo pengajuan kartu tersebut. "Kalau mau melihat jumlah keseluruhan pendatang baru bisa dilihat di Disdukcapil, karena yang mengajukan ke Disnaker hanya pencari kerja saja," ungkapnya.

Tangerang: Sebanyak 8.883 orang pencari kerja mengajukan permohonan Kartu Kuning (AK1) di Kabupaten Tangerang. Ribuan orang tersebut tercatat selama periode Januari-April 2024.
 
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono mengatakan, pengajuan pembuatan kartu kuning atau tanda pencari kerja pasca-libur Lebaran tidak terjadi peningkatan yang signifikan.
 
"Ribuan pemohon itu sebagian besar hendak melamar pekerjaan. Angka ini standar, tidak terlihat adanya lonjakan. Karena kalau pada 2023, selama setahun terdapat 35 ribu jumlahnya," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja (Kadisnaker) Kabupaten Tangerang, Rudi Hartono, Jumat, 19 April 2024.
Rudi menuturkan, tidak ada lonjakan pengajuan pasca Lebaran tersebut lantaran saat ini mobilitas pendatang baru tidak begitu banyak ada di Kabupaten Tangerang. Pasalnya, kata Rudi, secara umum pembangunan nasional sudah merata di beberapa daerah, termasuk infrastrukturnya.
 
"Penyebabnya mungkin karena memang kawasan industri sekarang bukan hanya ada di kawasan Jabodetabek saja, tapi sudah menyebar ke daerah lainnya. Seperti di Pekalongan, Batam, Kendal, Subang, sudah banyak daerah kawasan industri," jelasnya.
 
Rudi menjelaskan, jumlah pengajuan pembuatan kartu tanda pencari kerja tersebut sewaktu-waktu bisa meningkat. Hal tersebut dapat terjadi saat momen tertentu seperti pasca kelulusan sekolah.
 
"Itu hanya perkiraan, tentu bisa berubah. Karena kita menunggunya di momen kelulusan sekolah sekitar bulan 6 (Juni) nanti," katanya.
 
Menurut Rudi, pihaknya menargetkan penempatan kerja di wilayahnya tersebut semakin banyak sesuai kebijakan kepala daerah setempat, setelah melihat animo pengajuan kartu tersebut.
 
"Kalau mau melihat jumlah keseluruhan pendatang baru bisa dilihat di Disdukcapil, karena yang mengajukan ke Disnaker hanya pencari kerja saja," ungkapnya.

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(ALB)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/daerah/ZkeaOGqk-8-ribu-orang-di-kabupaten-tangerang-ajukan-permohonan-kartu-tanda-pencari-kerja
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
places BANTEN, JAWA BARAT, JAWA TENGAH, KEPULAUAN RIAU,
cities Jabodetabek, Kendal, Pekalongan, Tangerang,
musicclubs APRIL,