Cara Menonaktifkan Sementara dan Menghapus Permanen Akun Instagram

  • 19 April 2024 14:45:00
  • Views: 2

TEMPO.CO, Jakarta - Bagi sebagian orang, mungkin ada saat-saat ketika perlu istirahat sejenak dari media sosial Instagram. Sementara yang lain mungkin memilih untuk menghapus akun mereka secara permanen.

Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia yang menyediakan opsi untuk melakukan keduanya, yakni menonaktifkan sementara akun atau menghapusnya secara permanen. 

Menonaktifkan Sementara Akun Instagram

Jika Anda ingin sementara menghentikan aktivitas di Instagram, Anda dapat menonaktifkan akun Anda. Dengan menonaktifkan sementara akun Anda, profil, foto, komentar, dan suka akan disembunyikan hingga Anda mengaktifkannya kembali dengan masuk kembali.

Namun, penting untuk dicatat bahwa Anda hanya dapat menonaktifkan akun Instagram sekali dalam seminggu. Proses ini dapat dilakukan melalui komputer, peramban seluler, atau aplikasi Instagram.

Untuk menonaktifkan sementara akun Instagram Anda, ikuti langkah berikut:

Masuk ke akun tersebut.Akses menu Pengaturan melalui opsi "More" di bagian bawah kiri layar.Navigasikan ke Pusat Akun, lalu pilih Detail Pribadi.Di bawah bagian Kepemilikan dan Kontrol Akun, temukan opsi Penonaktifan atau Penghapusan.Pilih akun yang ingin Anda nonaktifkan sementara, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses penonaktifan.Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi dan alasan penonaktifan akun sebelum menyelesaikan proses ini.

Jika tidak ingin menonaktifkan akun Anda tetapi ingin mengubah siapa yang bisa melihatnya, Anda juga dapat mengatur posting Anda menjadi pribadi atau memblokir orang tertentu.

Menghapus Akun Instagram

Jika benar-benar tidak ingin menggunakan akun Instagram, Anda bisa menghapusnya secara permanen. Anda perlu menyadari bahwa langkah ini akan menghapus seluruh profil, foto, video, komentar, suka, dan pengikut Anda secara permanen. Namun, jika Anda hanya ingin istirahat sejenak, Anda dapat menonaktifkan akun sementara sebagai alternatif.

Iklan

Berikut adalah cara menghapus akun Instagram:

Masuk ke halaman Hapus akun Anda.Jika Anda belum masuk ke Instagram di web, Anda akan diminta untuk masuk terlebih dahulu.Pilih opsi dari menu drop-down mengenai alasan mengapa Anda ingin menghapus akun.Masukkan kembali kata sandi Anda.Pilihan untuk menghapus akun permanen hanya akan muncul setelah Anda telah memilih alasan dari menu dan memasukkan kata sandi Anda.

Anda juga dapat menghapus akun Instagram dari Pusat Akun. Untuk melakukannya, buka menu "More" di bagian bawah kiri layar, lalu pilih "Settings". Dari sana, navigasikan ke Pusat Akun, lalu klik "Personal details".

Di bawah bagian "Account ownership and control", temukan opsi "Deactivation or deletion". Pilih akun yang ingin Anda hapus secara permanen, dan ikuti langkah-langkahnya.

Setelah permintaan penghapusan akun, Anda memiliki waktu 30 hari sebelum akun dan seluruh informasi Anda akan dihapus secara permanen. Selama periode 30 hari tersebut, konten tetap tunduk pada Ketentuan Penggunaan dan Kebijakan Privasi Instagram, dan tidak dapat diakses oleh orang lain.

Proses penghapusan dapat memakan waktu hingga 90 hari untuk diselesaikan sepenuhnya. Salinan konten, Anda mungkin tetap ada setelah 90 hari dalam penyimpanan cadangan yang digunakan untuk pemulihan dalam kasus bencana, kesalahan perangkat lunak, atau kehilangan data lainnya. Perlu diketahui bahwa Instagram juga dapat menyimpan informasi Anda untuk masalah hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan kerusakan.

INSTAGRAM

Pilihan Editor: Begini Cara Menonaktifkan Status Online di Instagram


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1858329/cara-menonaktifkan-sementara-dan-menghapus-permanen-akun-instagram
Tokoh

Graph

Extracted

companies Instagram,
places DKI Jakarta,