5 Letusan Gunung Api di Indonesia Paling Mencekam Sepanjang Sejarah

  • 19 April 2024 10:06:18
  • Views: 1

PIKIRAN RAKYAT - Indonesia merupakan 'rumah' bagi banyak gunung berapi. Pasalnya, letak geografis Indonesia berada di wilayah Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik.

Ring of Fire merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, dan Lempeng Pasifik.

Tak heran, Indonesia memiliki sejarah vulkanologi yang kaya, bahkan melahirkan fenomena erupsi gunung berapi paling mencekam sepanjang sejarah.

Baca Juga: Sejarah Erupsi Gunung Ruang, Jejak Api di Tanah Sulawesi Utara

Gunung Tambora

Erupsi Gunutng Tambora pada April 1815 menjadi letusan terdahsyat yang pernah tercatat di Indonesia, bahkan di dunia.

Letusan ini menghasilkan kolom abu vulkanik yang membumbung tingg hingga 43 km, dan melepaskan sekitar 60 mega ton sulfur ke lapisan atmosfer.

Letusan ini menghasilkan suara yang terdengar hingga belahan dunia lain, menyebabkan penurunan suhu global dan tahun tanpa musim panas karena debu vulkaniknya menyebar ke atmosfer.

Gunung Krakatau

Letusan Gunung Krakatau pada 27 Agustus 1883 menjadi salah satu erupsi terdahsyat sepanjang sejarah. Bahkan letusannya yang kuat menyebabkan dampak global terhadap iklim.

Erupsi itu melontarkan material vulkanik dengan volume 18 kmĀ³ dan kolom letusannya diperkirakan mencapai 80 km.

Tak hanya menghancurkan pulau-pulau di Selat Sunda, tapi juga menimbulkan tsunami setinggi 30 km di sepanjang pantai barat Banten dan pantai selatan Lampung.

Gunung Merapi

Gunung Merapi yang terletak di Pulau Jawa ini dikenal sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia.

Letusannya sering kali kuat dan tidak terduga, menyebabkan kerusakan besar dan memakan korban jiwa.

Letusan besarnya terjadi pada 1930, 1961, dan yang terbaru pada 2010, yang disebut sebagai letusan terbesar dalam 100 tahun terakhir dengan korban jiwa mencapai 337 orang.

Gunung Kelud

Dikenal karena letusannya yang eksplosif, Gunung Kelud sudah meletus selama beberapa kali dengan dampak yang signifikan terhadap lingkungan sekitarnya.

Gunung Kelud meletus pada 13 Februari 2014, dengan letusan tipe Plinian, menghasilkan abu vulkanik yang menutupi hampir seluruh Pulau Jawa.

Meski tak berlangsung lebih dari 2 hari, letusan kala itu dianggap lebih dahsyat dibanding pada 1990.

Gunung Sinabung

Setelah berabad-abad tertidur, Gunung Sinabung di Sumatera Utara bangun pada 2010. Terjadi erupsi dengan tinggi kolom mencapai 3 km, disertai awan panas sejauh 4 km ke arah selatan.

Serangkaian erupsi yang berkelanjutan itu menyebabkan evakuasi massal dan kerusakan luas.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-017980092/5-letusan-gunung-api-di-indonesia-paling-mencekam-sepanjang-sejarah?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

organizations API,
topics Tsunami,
nations Australia, Indonesia,
places BANTEN, LAMPUNG, SULAWESI UTARA, Sumatera Utara,
cities Gunung, Tambora,
musicclubs APRIL,