Mensos Akan Bangun Lebih Banyak Lumbung Sosial

  • 19 April 2024 04:59:19
  • Views: 2

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, menyatakan pihaknya akan lebih banyak lagi membangun lumbung sosial. Pembangunan tersebut akan berlokasi di beberapa titik rawan bencana.

"Pembangunan lumbung sosial bertujuan agar logistik yang dibutuhkan lebih cepat sampai kepada warga terdampak," ujar Risma, dalam keterangannya kepada awak media, Kamis (18/4).

Dia mengatakan, lokasi pembangunan lumbung sosial akan tersebar. Menurutnya, pembangunan lumbung sosial tidak harus di pusat pemerintahan seperti ibukota kabupaten. "Bisa di beberapa titik yang rawan bencana baik tingkat kecamatan atau desa, sehingga distribusi bisa cepat dilakukan," jelasnya.

Baca Juga :

Penanganan Disabilitas Harus secara Komprehensif

Risma mencontohkan, ketika terjadi longsor di Toraja kehadiran lumbung sosial menjadi penting. Hal itu sebab kondisi jalan di Sulawesi Umumnya melintasi perbukitan dan jalannya relatif sempit.

Dia menambahkan, kondisi tersebut membutuhkan penanganan khusus. Menurutnya, ketika terjadi longsor, jalan yang tersedia tersebut tertimbun longsor sehingga distribusi bantuan tidak bisa dilakukan.

"Tidak bisa buffer stok hanya tersedia di Pemda. Mengambil contoh kasus saat longsor di Luwu, akses jalan tertutup longsor sehingga bantuan dari Pemda tidak bisa disalurkan," katanya.

Risma mengungkapkan, saat pembangunan lumbung sosial di Papua, pihaknya bekerja sama dengan gereja dan masjid untuk menitipkan buffer stock. Menurutnya, gereja atau mesjid adalah potensi sumber paling dekat dengan komunitas sehingga masyarakat bisa langsung mengakses lumbung sosial saat terjadi bencana.

"Hingga saat ini Kemensos sudah membangun lebih dari 600 lumbung yang tersebar di daerah rawan bencana di seluruh Indonesia," ucapnya.

Baca Juga :

Penanganan Sosial Daerah Pelosok Harus Jadi Perhatian Semua Pihak


Redaktur : Sriyono

Penulis : Muhamad Ma'rup


Sumber: https://koran-jakarta.com/mensos-akan-bangun-lebih-banyak-lumbung-sosial?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Tri Rismaharini,
ministries Kemensos, MA,
topics longsor,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, PAPUA, SULAWESI SELATAN,