Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 116: Subtema 2 Pembelajaran 4

  • 17 April 2024 17:30:25
  • Views: 3


Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 116, sumber: unsplash/HusniatiSalmaKunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 116 bisa digunakan sebagai acuan belajar oleh siswa. Kunci jawaban tersebut membahas tentang sikap dalam musyawarah yang mendorong persatuan dan kesatuan. Materi ini dipelajari dalam pembelajaran 4 subtema 2.

Sebelum menggunakan kunci jawaban, siswa dapat mengerjakan terlebih dahulu dengan kemampuan diri sendiri. Bila perlu, orang tua perlu terlibat untuk mengawasi proses belajar siswa agar lebih mandiri.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 116

Ilustrasi Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 116, sumber: unsplash/ChivalryCreativeMengutip buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI Buku Ajar, Maulana Arafat Lubis, dkk (2022), musyawarah dilakukan untuk mencapai kesepakatan, menyelesaikan permasalahan, dan lain-lain. Adapun kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 116 tentang Sikap dalam Musyawarah yang Mendorong Persatuan dan Kesatuan, yakni sebagai berikut.

1. Sikap dalam musyawarah yang mendorong persatuan dan kesatuan

2. Sikap dalam musyawarah yang tidak mendorong persatuan dan kesatuan

Peristiwa pengambilan mufakat secara musyawarah merupakan salah satu peristiwa persatuan dan kesatuan dalam masyarakat. Peristiwa tersebut dapat mempersatukan masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. Lakukanlah kegiatan berikut ini bersama dengan teman sekelasmu.

a. Perbedaan pendapat apa saja yang telah muncul?

b. Bagaimana cara pencapaian mufakat dari perbedaan pendapat tersebut?

Jawaban: Mufakat diperoleh dengan menyatukan semua pendapat peserta secara musyawarah.

c. Bagaimana peran pemimpin diskusi? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pemimpin diskusi?

Jawaban: Tugas ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan pendapat, menengahi anggota yang berdebat, sekaligus mengemukakan kesimpulan hasil diskusi.

Sikap: Adil, cermat, dan teliti.

d. Apa peran pencatat kegiatan musyawarah? Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi pencatat kegiatan musyawarah?

Jawaban: Peran pencatat kegiatan musyawarah adalah mencatat usulan yang disampaikan peserta musyawarah dan hasil keputusan musyawarah.

Sikap: Teliti, cermat, dan percaya diri.

e. Bagaimana peran dan tanggung jawab peserta musyawarah?

Jawaban: Peserta ikut serta dalam mengambil keputusan bersama dan saling menghargai.

f. Sikap dan keterampilan apa sajakah yang diperlukan untuk menjadi peserta musyawarah?

Jawaban: Saling menghargai, jujur, dan mementingkan kepentingan bersama.

g. Bagaimana kegiatan musyawarah ini dapat memengaruhi persatuan dan kesatuan di lingkungan sekitarmu?

Jawaban: Musyawarah yang disertai dengan toleransi akan menciptakan persatuan dan kesatuan.

h. Kesimpulan apakah yang dapat kamu buat tentang kegiatan musyawarah yang memengaruhi persatuan dan kesatuan masyarakat?

Jawaban: Dalam setiap musyawarah harus saling menghargai, toleransi, dan saling menerima pendapat yang berbeda dengan pandangan kita.

Kunci jawaban tema 9 kelas 6 halaman 116 yang dijelaskan di atas bisa dipelajari secara bijak oleh siswa. Dengan begitu, siswa bisa lebih memahami materi tentang musyawarah. (DLA)
Sumber: https://kumparan.com/berita-terkini/kunci-jawaban-tema-9-kelas-6-halaman-116-subtema-2-pembelajaran-4-22Z7hI9EyjU
Tokoh

Graph

Extracted

products Pancasila,